LAPORAN KEGIATAN EDU EXPO



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Edu Expo
            Indonesia memiliki banyak universitas yang tersebar di beberapa kota. Banyak universitas di Indonesia yang memiliki berbagai jurusan atau fakultas guna menunjang karier siswa di kemudian hari dan telah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas modern. Selain Indonesia, negara lain juga memiliki universitas yang bagus dan berkualitas. Hal tersebut membuat banyak siswa-siswi yang merasa kebingungan saat dihadapkan berbagai pilihan universitas dengan jurusan yang bermacam-macam di Indonesia maupun luar negeri.
            Oleh karena itu, sekolah mengadakan Edu Expo yang merupakan sebuah kegiatan dimana berbagai universitas di dalam maupun luar negeri mengirimkan dutanya untuk datang ke gedung sekolah dan membuka stand untuk membagikan brosur tentang bagaimana universitas mereka, dimanakah letaknya, apa saja fasilitas yang dimiliki, jurusan apa aja yang dimiliki, dll. Hal ini membuat siswa-siswi memiliki gambaran tentang kuliah yang nantinya mereka akan pilih dan jurusan apa yang akan mereka ambil agar nantinya mereka dapat memilih dengan tepat dan tidak menyesali pilihannya. Selain itu, siswa-siswi yang ingin berkuliah di luar negeri dapat berkonsultasi dengan perusahaan edukasi ataupun universitasnya secara langsung mengenai biaya kuliah, biaya hidup, beasiswa, dan hal-hal lainnya sehingga mereka tidak khawatir.
1.2 Tujuan Kegiatan
a)      Agar siswa-siswi mendapat wawasan seputar universitas di dalam negeri maupun luar negeri beserta jurusannya.
b)      Agar siswa-siswi dapat memilih jurusan kuliahnya dengan tepat.
c)      Agar siswa-siswi dapat menentukan mau berkuliah di dalam negeri atau luar negeri.
d)     Agar siswa-siswi semakin mantap dalam menentukan pilihan universitan dan jurusan sehingga tidak menyesali keputusannya di kemudian hari.


BAB II
ISI KEGIATAN
2.1 Jenis Kegiatan
            Beberapa kegiatan yang dilakukan selama Edu Expo adalah siswa-siswi menggali informasi mengenai universitas yang ikut serta dalam kegiatan ini dengan melakukan tanya-jawab dengan duta yang dikirim oleh universitas ataupun perusahaan edukasi. Informasi tersebut bisa berupa bagaimana suasana proses belajar-mengajar di universitas mereka, dimanakah letaknya, apa saja fasilitas yang dimiliki, jurusan apa aja yang dimiliki, dan informasi-informasi lainnya.
            Orang tua siswa-siswi yang diundang untuk ikut serta dalam kegiatan ini juga dapat bertanya kepada duta masing-masing universitas atau perusahaan edukasi mengenai informasi seputar jurusan, fasilitas, biaya, dan lainnya. Selain itu, beberapa universitas ada yang membagikan brosur, mendemonstrasikan jurusan kuliah mereka dengan mengadakan sesi masak-masak (dari universitas Ottimmo), dan  memamerkan hasil karya mahasiswa mereka (dari universitas Raffles) agar tertarik untuk mengunjungi stand mereka.
2.2 Tempat dan Waktu Penyelenggara
            Hari, tanggal   : Kamis, 25 Agustus 2016
            Waktu                         : Pukul 11:00-14:30 WIB
           
2.3 Petugas Kegiatan
Petugas kegiatan dalam acara Edu Expo adalah sebagai berikut :
1)      Guru-guru yang bersangkutan
2)      Duta dari masing-masing universitas dan perusahaan edukasi
3)      Staff  sekolah
2.4 Persiapan dan Rencana Kegiatan
            Sebelum Edu Expo digelar, ada beberapa persiapan yang dilakukan agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Persiapan yang dilakukan adalah staff  sekolah menata meja dan kursi di lantai dasar depan bookstore dan di dalam hall yang dikerjakan sekitar 2 hari sebelum kegiatan berlangsung, dimana dalam 1 stand terdiri dari 4 meja dan 4 kursi. Staff sekolah juga menempel kertas bertuliskan nama universitas yang akan menempati stand agar tidak tertukar dengan universitas lainnya.
            Beberapa guru-guru juga ikut serta dengan mengatur pemberian konsumsi kepada duta dari universitas dan perusahaan edukasi, dan menempelkan kertas berisikan denah stand universitas beserta nama-nama universitas dan juga tugas yang akan dikerjakan siswa-siswi setelah acara digelar. Kertas-kertas tersebut ditempelkan di papan pengumuman agar semua murid dapat melihat dan membacanya.
Duta dari masing-masing universitas dan perusahaan edukasi juga turut bersiap dengan menghias stand mereka sebaik dan semenarik mungkin agar banyak orang yang tertarik untuk berkunjung. Mereka menghiasnya dengan meletakkan beberapa banner berisikan informasi universitas yang mereka bawa dan menata brosur-brosur di atas meja semenarik mungkin.
2.5 Peserta Universitas yang Mengikuti Kegiatan
Nama-nama universitas dan perusahaan edukasi yang mengikuti kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1)      Huaqiao University China
2)      ELTIM Surabaya
3)      Ottimmo International Mastergourmet Academy Surabaya
4)      Universitas Bina Nusantara Malang
5)      Spitze Studium Jakarta
6)      iSTTS Surabaya
7)      Vista Education Surabaya
8)      Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
9)      Universal International Education Specialist
10)   Universitas Pelita Harapan Surabaya dan Jakarta
11)   Alfalink
12)   Raffles Institute Surabaya
13)   Jakarta International College
14)   Universitas Surabaya (UBAYA)
15)   Edlink
16)   i3L (Indonesia International Institute for Life Sciences) Jakarta
17)   Berjaya University Malaysia
18)   Universitas Kristen Petra Surabaya
19)   IDP Surabaya
20)   Universitas Ciputra Surabaya
21)   Dimensions International College Singapore
22)   James Cook University Singapore
23)   Coventry University UK
2.6 Kesulitan dan Hambatan
Ada beberapa hambatan dan kesulitan ketika kegiatan Edu Expo berlangsung. Kesulitan tersebut dialami oleh semua orang, baik yang menjadi petugas kegiatan maupun para pengunjung. Hambatan yang ada adalah ruangan yang panas sehingga membuat semua orang merasa gerah dan tentunya mengganggu aktivitas selama kegiatan. Selain itu, tempat yang disediakan kurang besar sehingga para pengunjung, baik siswa maupun orang tua, harus berdesakan dan saling bergantian untuk bisa duduk dan bertanya kepada duta universitas atau perusahaan edukasi.
2.7 Hasil kegiatan
            Dengan adanya kegiatan Edu Expo yang diadakan oleh sekolah, siswa-siswi Sekolah memperoleh banyak informasi mengenai universitas di dalam negeri maupun luar negeri beserta jurusannya sehingga mereka dapat memilih jurusan kuliah yang tepat, menentukan mau berkuliah dimana, serta semakin mantap dalam membuat keputusan kuliah sehingga tidak menyesal di kemudian hari.
            Selain siswa-siswi, orang tua juga mendapat banyak informasi berguna yang dapat menjadi bahan pertimbangan mereka dalam menentukan universitas untuk anak-anak mereka. Informasi yang didapat adalah informasi seputar universitas, biaya kuliah, biaya hidup jika berkuliah di luar negeri, kebijakan beasiswa, serta masih banyak hal-hal lainnya yang penting untuk diketahui.
2.8 Perbandingan Beasiswa dan Biaya Hidup Universitas Luar Negeri
      dan Universitas Dalam Negeri
            Pada tahun ini, banyak universitas yang sudah tidak menawarkan lagi beasiswa, baik universitas dalam negeri maupun luar negeri, namun mereka mengganti program beasiswa dengan pemotongan uang SPP kuliah. Pemotongan uang SPP kuliah masih relatif tergantung kebijakan universitas masing-masing, berkisar 1 juta hingga 2 juta rupiah.
            Bahkan ada universitas di Jerman yang sama sekali tidak memberikan beasiswa bagi calon murid karena mereka menilai biaya kuliah di universitas mereka sudah sangat murah. Biaya universitas di Jerman memang lebih murah daripada di Indonesia, sekitar 10 juta rupiah per semester per tahunnya, namun biaya hidup di Jerman jauh lebih mahal daripada di Indonesia. Biaya hidup di sana bisa mencapai 90 juta rupiah per tahunnya tergantung kota tempat mahasiswa berada.
            Sementara itu, di Singapura biaya kuliah sungguh lebih mahal dari Indonesia, yakni sekitar 300 juta rupiah hingga lulus dengan biaya hidup sekitar 1.000-2.000 SGD per bulannya. Salah satu faktor yang menyebabkan biaya kuliah dan biaya hidup di Singapura jauh lebih mahal dari Indonesia adalah kurs uang yang semakin meningkat seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun.


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
          Kesimpulan yang dapat diambil adalah kegiatan Edu Expo sungguh sangat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah dan orang tua. Mereka dapat memperoleh berbagai informasi seputar universitas di dalam negeri maupun luar negeri beserta jurusannya. Beberapa informasi yang didapat adalah informasi seputar universitas, biaya kuliah, biaya hidup jika berkuliah di luar negeri, kebijakan beasiswa, serta masih banyak hal-hal lainnya yang penting untuk diketahui.
            Melalui kegiatan Edu Expo, diharapkan siswa-siswi Sekolah dapat memilih jurusan kuliah yang tepat, menentukan mau berkuliah dimana, serta semakin mantap dalam membuat keputusan kuliah sehingga tidak menyesali keputusan yang telah dibuat di kemudian hari. 
3.2 Saran
            Beberapa masukan yang dapat diberikan untuk sekolah selaku penyelenggara kegiatan Edu Expo adalah memperluas tempat yang digunakan untuk kegiatan ini sehingga para pengunjung, baik siswa maupun orang tua, tidak perlu berdesakan dan berebut kursi untuk dapat bertanya kepada duta universitas atau perusahaan edukasi. Selain itu, sekolah juga dapat menambah alat pendingin ruangan agar ruangan menjadi lebih dingin dan sejuk sehingga pengunjung dan peserta kegiatan tidak merasa gerah ketika melakukan aktivitas selama kegiatan.



Share on Google Plus

About -

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

4 komentar:

  1. bubur ayam naik sapu. ketemu dodol disamping ahok. masa lalu kelam biarlah berlalu. minum teh botol makan emping enak cok.

    ReplyDelete
  2. PENGEN PUNYA WAJAH PUTIH TAPI NGAK ADA MODAL CARA MEMUTIHKAN WAJAH SECARA ALAMI

    ReplyDelete
  3. pengen tau gimana ciri - ciri orang yang sedang hamil ciri - ciri orang hamil dari raut wajah

    ReplyDelete