LAPORAN EDUTRIP UK PETRA



    Laporan Kegiatan
Pelaksanaan Edu Trip Bahasa Indonesia
SMP Vita Surabaya

a.       Nama kegiatan      : Edu Trip Bahasa Indonesia
b.      Tujuan kegiatan     : Agar siswa mengetahui ilmu tentang telekomunikasi
c.       Peserta                   : +/- 64 siswa ( 16 siswa/ kelompok) + Guru
d.      Pelaksaan              : Selasa, 12 November 2013 di Universitas Kristen Petra
f.        Laporan pelaksaan:

Pada hari Selasa, tanggal 12 November 2013, kami berkunjung ke Universitas Kristen Petra Surabaya, yang bertempat di Jl. Siwalan Kerto. Pada pukul 07:30, kami berkumpul di Lobby sekolah dan berangkat bersama- sama dengan menggunakan bus. Guru-guru juga ikut naik bus bersama-sama dengan kami. Tetapi, karena bus tidak muat, beberapa siswa diangkut dengan mobil.
Sekitar pukul 08:30, kami sampai di Universitas Kristen Petra dengan gembira. Lalu, kami baris menurut kelompok masing-masing dan langsung menuju Lobby UK Petra. Sesampainya di Lobby, kami langsung ke ruang masing-masing. Saya tergabung dalam kelompok 1, sehingga saya dan anggota yang lain langsung menuju ruang siaran TV untuk mengetahui cara membacakan berita.
Setelah masuk ke dalam ruang siaran, kami diajarkan oleh kakak dosen beberapa tips untuk menjadi seorang presenter, yakni (1) harus percaya diri, (2) mengecek peralatan teknis, (3) mengecek naskah, (4) mengecek posisi duduk. Kami juga diajarkan tentang alat untuk menampilkan naskah berita yaitu Telpronter. Kami juga belajar membacakan berita secara langsung dan bergantian satu sama lain.
Setelah puas belajar membacakan berita, kami menuju ruang Public Relation yang berada di lantai paling atas. Di sana, kami diajarkan apakah itu Public Relation dan tugasnya. Tugasnya adalah berbicara di depan umum (public speaking), seperti pidato, seminar, kotbah, dll. Kami juga diajarkan tentang cara berpresentasi yang dibagi menjadi 2, yakni verbal dan non-verbal. Verbal terdiri atas 3 aspek, yakni tone, beat, dan empassive. Sedangkan non-verbal terdiri atas 4 aspek, yakni gesture, eye contact, stand, dan facial expression.
Tidak terasa waktu telah menunjukan pukul 11:00, kami bergegas menuju ruang media yang berada di lantai 2. Di ruang media, kami diajarkan tentang News Gathering yang harus ada sumbernya, yakni dari pengamatan di lapangan, press release, dan pendapat seseorang. Lalu, observasi yaitu teknik pengumpulan data dengan menggunakan panca indera (memperhatikan, mendengarkan, merasakan, dan mencium).
Penjelasan dilanjutkan ke topik yang selanjutnya. Partisipan yaitu jurnalis yang terlibat dalam sebuah peristiwa dan bisa sangat subjektif sekali. Selanjutnya, adalah Vox Pop yang berasal dari kata Vox Populi. Tujuannya adalah untuk mendapat pendapat publik, dan masalah yang dipertanyakan di dalamnya terkait dengan kepentingan publik, serta dapat digunakan untuk membuat framing pada berita.
Topik selanjutnya yang dibahas adalah riset dokumentasi yakni mencari kaitan peristiwa dengan peristiwa terdahulu, yang bertujuan memperkaya tulisan dan melakukan kontrol sosial. Riset dokumentasi bisa melalui media cetak maupun internet. Dan topik yang terakhir adalah wawancara, yaitu mencari informasi dan menegaskan informasi. Syaratnya adalah (1) mepunyai tujuan yang jelas agar efisien, (2) memiliki persiapan dari riset awal, (3) digunakan untuk kepentingan khalayak, (4) jurnalis menjadi pengedali.
Setelah 1 jam berada di dalam ruang media, kami melanjutkan perjalanan menuju ruangan yang terakhir yaitu ruang siaran radio. Di dalam studio sebuah radio harus ada 2 ruangan, yakni ruang produksi dan ruang siaran. Selama di sana, kami diberi kesempatan untuk bersiaran dengan masing-masing 3 sampai 4 orang secara bergiliran. Kakak penyiar menjelaskan bahwa di dalam ruang siaran harus ada mixer (untuk mengatur besar kecil suara), mikrofon (untuk berbicara), komputer (untuk meletakkan naskah), dll.
Setelah semua agenda di Universitas Kristen Petra selesai, kami kembali ke Lobby UK Petra untuk berbaris dan kembali ke bus. Karena hujan sudah mulai reda, kami diperkenankan untuk pergi ke bus dengan kondisi cuaca yang masih gerimis dan jalanan yang masih basah, berlumpur, dan banyak kubangan air. Setelah semua murid sudah lengkap, bus langsung berangkat ke sekolah.
Di dalam bus, kami diberi makan mie goreng dan air Club. Setelah puas makan siang, kami bercanda tawa di dalam bus menunggu untuk sampai di sekolah. Setelah sekitar 1 jam perjalanan, akhirnya kami sampai di sekolah dengan selamat. Setelah turun dari bus, kami semua pulang dengan gembira. 

Share on Google Plus

About Anonymous

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment