MAKALAH PEMBUATAN POSTER 3D



PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang (Penjelasan Singkat Mengenai Poster)
Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran tertentu. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata pembaca agar mau melihat dan membaca isi yang ditampilkan di dalamnya. Karena hal tersebut, poster umumnya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat. Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, sosialisasi, dekorasi, dll.
1.2  Tujuan
Tujuan dari proyek ini adalah agar kita mengetahui bagaimana cara membuat poster yang menarik agar orang mau melihat isi yang ada di dalamnya. Juga, agar kita tidak melupakan materi-materi yang sudah diajarkan sebelumnya (materi-materi yang berhubungan dengan matematika), yang kemudian diaplikasikan ke dalam materi poster.
1.3 Tema
            Tema daripada proyek/poster ini adalah keragaman cabang matematika, yang salah satunya adalah fungsi (yang kami ambil sebagai materi dalam poster yang kami buat).
CARA KERJA
2.1 Bahan yang digunakan
Berikut ini adalah bahan-bahan yang kami gunakan dalam membuat proyek ini :
I. Bahan secara Material
  1. Kertas A4 [Karena proyek ini harus dikerjakan dengan kertas ukuran A4, dan juga sebagai dasar poster (untuk media menempel materi)]
  2. Lem (Untuk merekatkan/menempel materi pada media kertas A4)
  3. Materi dari beberapa sumber di internet (Untuk melihat dan memilih materi yang ditampilkan dalam poster)
  4. Kertas origami (Sebagai hiasan untuk memperindah poster yang kami buat agar orang tertarik untuk melihatnya)
  5. Gabus (untuk membuat efek timbul/3D pada poster)
II. Bahan secara Non-Material
  1. Tangan dan alat gerak lainnya (Tanpa tangan dan alat gerak lainnya, kami tidak dapat membuat poster, karena agar dapat menempel materi pada media, dibutuhkan tangan untuk memegang materi dan lem agar dapat menempel materi dengan baik dan benar.)
  2. Energi (Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa kami memerlukan tangan, kami juga membutuhkan energi. Tanpa adanya energi, kami akan sangat kesulitan dalam beraktivitas terutama dalam membuat poster ini. Energi yang kami gunakan selama membuat proyek ini antara lain energi listrik (Menghidupkan lampu untuk penerangan agar kami tidak salah dalam mengelem), energi kimia (Untuk menghidupkan baterai laptop dan peralatan gadget lainnya untuk membuat poster dan makalah ini), dan energi-energi lainnya.)
2.2 Cara kami mengerjakan
            Pertama, kami mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam proyek ini. Kami juga mencari dan mencetak/mengeprint materi dari internet untuk ditempel di dalam poster yang kami buat, dan mulai menyiapkan desain poster kami. Setelah itu, kami menghiasi kertas yang berisi materi terlebih dahulu agar tidak lupa.  Setelah bahan-bahan siap dan materi sudah siap untuk ditempel (sudah dalam keadaan terhiasi), kami memotong dan menempel gabus pada semua kertas yang terdapat di dalam poster. Lalu, setelah semua kertas yang berisi materi telah ditempeli oleh gabus, kami mulai menempel kertas tersebut pada kertas A4 hitam. Setelah semua materi telah tertempel dengan sempurna, kami mengumpulkannya.

PENJELASAN MENDALAM MENGENAI POSTER
3.1 Pemilihan warna kertas
            Dalam proyek ini, kami memilih kertas A4 dengan warna hitam sebagai media menempel materi yang ingin kami tampilkan karena warna hitam merupakan warna abadi yang akan selalu telihat modern dan stylish. Hitam juga bisa menciptakan nuansa yang terlihat mewah serta elegan.
3.2 Pemilihan Hiasan
            Dalam proyek ini, seperti yang anda bisa lihat, kami menggunakan hiasan sederhana atau “simple” karena daoat menarik perhatian orang agar ingin membaca poster kami (karena hiasannya tidak rumit/bertele-tele, dan tidak mudah rusak), sehingga selain hiasan tersebut memikat perhatian orang, hiasan tersebut tidak akan mengganggu isi daripada materi poster tersebut. 
Share on Google Plus

About Anonymous

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

12 komentar: