LAPORAN KEGIATAN EDUTRIP BAHASA INDONESIA



LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAAN EDU TRIP BAHASA INDONESIA

a.       Nama kegiatan                  : Edu Trip Bahasa Indonesia
b.      Tujuan kegiatan                 : Agar siswa mengetahui berbagai bentuk keragaman budaya
  Indonesia yang salah satunya dalam bentuk seni teater.
c.       Peserta                              : ± 104 siswa (± 3 siswa/ kelompok) + Guru
d.       Tanggal Pelaksanaan         : Selasa, 7 April 2015
e.       Tempat Pelaksanaan          : SMKN 12 Surabaya (Jl. Siwalan Kerto Surabaya)

LAPORAN PERJALANAN

Pada hari Selasa, tanggal 7 April 2015, kami berkunjung ke SMKN 12 Surabaya, yang bertempat di Jl. Siwalan Kerto Surabaya. Pada pukul 07:30, kami mengerjakan tes matematika terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam 20 menit (2 jam pelajaran). Lalu, kami diberi waktu untuk beristirahat selama kurang lebih 25 menit. Dikarenakan keterlambatan kedatangan makanan, jadwal keberangkatan kami yang semula pada pukul 09:30 ditunda menjadi sekitar pukul 09:45. Setelah menunggu selama 15 menit, akhirnya makanan kami tiba dan kami langsung berkumpul di lobby sekolah untuk berdoa. Setelah doa yang dipimpin oleh Ms. Ruri selesai, kami langsung menuju ke bus kami masing-masing.

Namun kami sempat mengalami kesulitan saat ingin naik ke dalam bus akibat guyuran hujan yang sangat deras dan angin yang sangat kencang sehingga baju seragam yang kami semua kenakan menjadi basah. Setelah semua murid masuk ke dalam bus, bus langsung berangkat ke SMKN 12 Surabaya. Di dalam bus, kami diberi konsumsi. Perjalanan kami tempuh selama kurang lebih 1 jam. Sekitar pukul 11:00, kami sampai di SMKN 12 Surabaya dengan guyuran hujan yang masih cukup deras namun tidak sederas saat berangkat dari sekolah. Kemudian, semua murid turun dari bus dan berkumpul di sebuah pos beratap di dekat gedung Aula SMKN 12 Surabaya. Setelah Ms. Ruri memberi aba-aba kepada kami semua untuk jalan, kami langsung menuju ke dalam gedung Aula.

Di dalam gedung Aula SMKN 12 Surabaya, kami menyaksikan berbagai pertunjukan seni teater yang ditampilkan oleh murid-murid dari beberapa SD dan SMP yang berada di kota Surabaya. Pertama, kami menyaksikan pertunjukan yang ditampilkan oleh murid-murid SD. Lalu, kami mendengarkan pembacaan pemenang lomba seni teater tingkat SD dari juara ketiga, kedua, hingga juara pertama. Setelah pembacaan pemenang, kami menyimak pendapat dari ketua juri lomba seni teater. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penampilan seni teater dari murid-murid SMP. Selama menyaksikan pertunjukan seni teater, kami juga harus mengerjakan beberapa tugas yang diberikan oleh Ms. Ruri, seperti mengerjakan lembar laporan Teater, melakukan wawancara dengan 2 orang pengunjung, dan mengambil gambar/foto.

Setelah semua agenda dan tugas kami di SMKN 12 Surabaya selesai, kami kembali ke bus. Sekitar pukul 13:00, setelah semua murid sudah naik ke dalam bus, bus langsung berangkat kembali ke sekolah. Di dalam bus, dibagikan konsumsi untuk siswa yang belum mengambil konsumsi saat perjalanan menuju SMKN 12 Surabaya. Setelah makan siang, kami bercanda tawa di dalam bus menunggu sampai tiba di sekolah. Dalam perjalanan kembali, kami sempat mengalami kemacetan yang membuat perjalanan kami semakin lama. Setelah sekitar 1 jam 30 menit perjalanan, akhirnya kami sampai di sekolah dengan selamat. Setelah turun dari bus, kami semua pulang. Demikian laporan kegiatan yang bisa kami sampaikan. Kami mohon maaf apabila ada salah kata atau salah ketik dalam pembuatan laporan kegiatan ini. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

LAPORAN WAWANCARA
I. Orang Pertama
  • Nama : Dita Retnowati
  • Umur : 17 tahun
  • Asal Sekolah : SMKN 12 Surabaya
  • Pekerjaan dalam acara : Organizer Acara
  • Pendapat mengenai acara :
Ø  Sangat mengapresiasi diadakannya acara tersebut karena budaya Indonesia dapat dimajukan setiap tahunnya lewat ketertarikan sekolah lain untuk ikut serta dalam lomba tersebut sehingga lebih banyak orang yang melestarikan budaya Indonesia agar  tidak hilang ditelan zaman.
  • Harapan untuk tahun depan :
Ø  Peserta yang mengikuti acara lomba seni teater tersebut lebih banyak sehingga lebih banyak siswa yang melestarikan budaya Indonesia. Juga agar peserta yang tampil lebih unik dan kreatif agar lebih menarik dan menghibur penonton sehingga dapat lebih mengapresiasi budaya Indonesia yang salah satunya adalah seni teater.

II. Orang Kedua
  • Nama : Sulis
  • Pekerjaan : Kepala SD PLB Surabaya
  • Keperluan dalam acara : Mengantar anak ikut lomba seni teater
  • Pendapat mengenai acara :
Ø  Sangat mendidik siswa karena mengajarkan anak muda untuk melestarikan budaya sendiri sehingga anak muda tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing yang tidak baik.

Pada tanggal 7 April 2015, kami mengikuti program Edu Trip Bahasa Indonesia yang mengunjungi SMKN 12 Surabaya. Kami diberi tugas oleh guru Bahasa Indonesia untuk melakukan wawancara dengan 2 orang yang berada dalam acara lomba seni teater yang bertempatkan di dalam gedung Aula SMKN 12 Surabaya. Salah seorang yang kami wawancarai adalah Dita Retnowati. Dia berumur 17 tahun dan bersekolah di SMKN 12 Surabaya. Pada acara lomba tersebut, Dita ditugaskan oleh pihak sekolahnya (SMKN 12 Surabaya)  untuk menjadi salah satu panitia organizer acara. Dita mengaku acara lomba tersebut rutin diadakan setiap tahunnya, namun baru tahun ini dia terlibat dalam acara tersebut.  

Saat ditanya mengenai pendapat tentang acara lomba seni teater tersebut, Dita menjelaskan bahwa dia sangat mengapresiasi diselenggarakannya acara tersebut karena melalui acara tersebut budaya Indonesia dapat dimajukan setiap tahunnya melalui ketertarikan sekolah-sekolah lain untuk mengikuti lomba tersebut. Hal tersebut dapat membuat lebih banyak orang yang melestarikan budaya Indonesia. Hal tersebut juga membuat budaya Indonesia yang menjadi ciri khas negara Indonesia tidak sirna ditelan zaman yang terus berkembang. Dita mengharapkan peserta yang mengikuti acara lomba seni teater tersebut tahun depan lebih banyak sehingga lebih banyak siswa yang melestarikan budaya Indonesia. Dita juga mengharapkan agar peserta yang tampil lebih unik dan kreatif agar lebih menarik dan menghibur penonton sehingga dapat lebih mengapresiasi budaya Indonesia yang salah satunya adalah seni teater.

Selanjutnya kami mewawancarai seorang Ibu yang tengah berdiri di pintu masuk gedung Aula. Kami lantas melakukan wawancara singkat dengan Ibu tersebut. Ibu tersebut bernama Ibu Sulis. Bu Sulis bekerja sebagai kepala SD PLB Surabaya. Bu Sulis menjelaskan bahwa keperluannya dalam acara tersebut untuk mengantarkan anaknya ikut lomba seni teater tersebut dan ternyata anaknya menjadi juara pertama dalam lomba tersebut. Saat ditanya mengenai pendapat tentang acara lomba seni teater tersebut, Bu Sulis menjelaskan bahwa acara lomba tersebut sangat mendidik siswa karena mengajarkan anak-anak muda untuk melestarikan budaya sendiri sehingga tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing yang tidak baik. Bu Sulis mengharapkan budaya Indonesia yang beragam dapat diakui oleh negara lain melalui program pelestarian budaya yang dilakukan oleh anak-anak muda zaman sekarang.

Bu Sulis juga mengungkapkan rasa apresiasi kepada kami karena kami masih mau menyaksikan acara tersebut. Saat kami  ingin lebih menanyai tentang berbagai hal lainnya, Bu Sulis menolak untuk kami wawancarai karena masalah waktu (Beliau terburu-buru/bergegas mengantarkan anaknya pulang). Bu Sulis langsung merangkul anaknya dan pergi meninggalkan kami. Kemudian, Beliau dan anaknya langsung masuk ke dalam mobilnya yang terparkir di depan gedung Aula SMKN 12 Surabaya. Kami pun tidak berhasil untuk berfoto dengannya karena masalah keamanan (Beliau menolak untuk diajak foto bersama) dan masalah waktu. 


Share on Google Plus

About Anonymous

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment