ULASAN GAME




Train Drive ATS adalah permainan game freemium yang berupa aplikasi simulasi kereta. Game ini telah muncul di Apple Store sejak bulan Desember 2012. Game ini memungkinkan Anda dapat merasakan mengendarai kereta nyata pada jalur kereta api sibuk di Jepang.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengendarai kereta dari satu stasiun ke stasiun berikutnya dengan jadwal yang ketat. Anda harus berkendara pada waktu yang tepat dan aman untuk mengumpulkan poin. Anda juga harus mematuhi semua sinyal lalu lintas dan batas kecepatan dan mencoba yang terbaik untuk tidak berhenti melebihi peron stasiun. 
Di dalam game ini terdapat beberapa fitur sebagai berikut:

1. Drive

Pilih opsi ini untuk mengendarai kereta dari satu stasiun ke stasiun berikutnya.

2. Score

Setelah Anda selesai mengendarai sebuah kereta, Anda dapat meninjau skor Anda di sini. Ini termasuk parameter seperti akurasi, waktu, aktivasi rem darurat, melebihi batas kecepatan, jumlah stasiun yang dilewati, berapa banyak Anda berhenti kurang atau melampaui peron stasiun, dan masih banyak lagi.

3. Pengaturan

Fitur ini merupakan pengaturan permainan umum. Di sini Anda dapat mengubah volume suara, mengubah satuan pengukuran jarak antar stasiun, mengaktifkan atau menonaktifkan suara alarm, dan masih banyak lagi.  

4. Bantuan

Fitur ini memberikan gambaran sekilas tentang permainan ini, tetapi tidak sangat teliti.

5. Daftar stasiun

Fitur ini menyediakan nama-nama stasiun yang terdapat di dalam permainan ini.

6. Jadwal

Ada dua jadwal yang tersedia dalam fitur ini dimana terdapat 2 arah kereta melaju, yakni ke arah utara dan ke arah selatan.

7. Stringline dan Jalur Diagram Rel

Fitur ini menyediakan diagram yang digambar tangan untuk menunjukkan garis besar termasuk tata letak setiap stasiun dan kelengkungan di setiap rute kereta.


8. Galeri

Saat bermain game, Anda dapat menyimpan foto screenshot dengan menekan tombol “Take” di sisi kanan permainan ini. Setiap kali Anda klik tombol tersebut, foto screenshot akan langsung disimpan ke dalam galeri ini. Dari sini Anda dapat menyimpan, berbagi, dan mengedit foto tersebut.

9. Credits

Dalam fitur ini terdapat nama-nama sponsor dan pembuat fitur-fitur dalam permainan ini.

PANDUAN BERMAIN

Berikut ini adalah panduan/cara memainkan permainan ini :







1. Cara membuat kereta dapat bergerak

Tekan tombol F pada menu kiri atas. Hal ini seperti memilih gigi maju pada mobil. Setelah Anda telah diberi lampu hijau untuk jalan dan Anda telah mendengar alarm “siap”, Anda dapat melepaskan rem dengan memilih salah satu dari empat opsi Power yang berwarna biru pada menu kiri bawah. P1 adalah kecepatan terendah, sementara P4 adalah kecepatan tertinggi. Setelah Anda memilih opsi Power, maka kereta akan bergerak.

2. Cara menghentikan kereta

Untuk menghentikan kereta, Anda hanya perlu menekan baik tombol N (netral) yang berwarna putih atau salah satu opsi Brake yang berwarna kuning. B1 adalah tingkat pengereman terendah dan dapat digunakan untuk menjaga kecepatan kereta konstan, sementara B7 adalah tingkat pengereman tertinggi yang biasa digunakan untuk membawa kereta dari kecepatan tinggi turun ke kecepatan rendah atau berhenti. 

3. Cara mengetahui kapan kereta harus mulai melakukan pengereman/melambat

Pada permainan ini, Anda akan diberitahu kapan harus mulai mengurangi kecepatan atau melambat karena Anda sedang mendekati stasiun berikutnya. Pada menu yang terletak di tengah bawah, akan berkedip lampu kuning yang menampilkan tulisan “Kurangi Kecepatan” ketika Anda harus mulai melambat.

4. Cara mengetahui dimana letak kereta berhenti di peron

Setelah Anda telah diberitahu bahwa Anda perlu untuk mulai memperlambat laju kereta, Anda harus mengawasi kecepatan dan jarak dalam meteran yang tersisa sampai Anda perlu berhenti (hal ini terlihat di menu kanan atas). Anda harus menyeimbangkan kecepatan kereta agar kereta berhenti pada waktu dan tempat yang tepat.
Pada akhir setiap peron stasiun, Anda akan melihat tiga penanda berwarna, yakni dua segitiga merah muda dan satu segitiga biru. Anda harus berusaha untuk menghentikan kereta di penanda yang berwarna biru (untuk poin maksimal) atau merah muda. Jika kereta berhenti di luar penanda, Anda harus memindahkan kereta baik maju atau mundur sampai di penanda berwarna biru atau merah muda.

5. Apa itu Mode Auto?

Mode Auto sangat ideal bagi pemula untuk permainan ini. Mode Auto akan secara otomatis mengemudikan kereta untuk Anda dan sangat baik untuk mengajarkan kepada Anda bagaimana bermain permainan ini karena Anda dapat melihat langsung bagaimana caranya. Untuk memulai mode Auto, tunggu sampai Anda mendapatkan lampu hijau untuk melanjutkan dan waktu yang tepat untuk keberangkatan, kemudian tekan tombol “Auto” dan kereta akan secara otomatis bergerak sendiri.

6. Cara membalikkan kereta

Jika Anda melampaui peron stasiun dengan tidak berhenti di tempat yang telah ditentukan, Anda harus membalikkan kereta sampai di penanda berwarna biru atau merah muda. Caranya adalah setelah kereta telah sepenuhnya berhenti, tekan tombol B yang berwarna merah pada menu kiri atas, dan kemudian pilih salah satu dari empat opsi Power yang berwarna biru. Terapkan rem seperti biasa untuk menghentikan kereta.

7. Cara mendapatkan poin/skor?

Poin/skor diberikan untuk memilih opsi rute kereta lainnya. Poin/skor Anda dapatkan dengan cara :
  1. Berhenti dengan sempurna pada penanda berwarna biru atau merah muda pada akhir peron stasiun
  2. Berangkat dan tiba tepat pada waktunya
  3. Berhenti dengan lembut
  4. Tidak menekan tombol rem darurat
  5. Tidak melebihi batas kecepatan
    ULASAN GAME
    Train Drive ATS merupakan permainan game berupa aplikasi simulasi kereta yang saya pilih untuk tugas ini. Setiap jenis game pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang mungkin berbeda antara satu sama lain. Menurut pandangan saya, Train Drive ATS memiliki beberapa kekurangan dibandingkan dengan game sejenisnya yakni BVE Trainsim, seperti gambar kabin kereta yang tidak ditunjukkan kepada pemain (pemain hanya bisa melihat panorama kota saja), sebagian besar bangunan terlihat pipih dan sama (ada yang sama persis, hanya letaknya saja yang dipindah), rel tidak timbul (pipih), sebagian besar panorama kota hilang jika terlalu jauh untuk dilihat (menjadi buram atau hilang), tidak adanya gambar awan di langit sehingga keadaan cuaca setiap kali bermain selalu sama, pilihan rute kereta kurang banyak dan beragam, serta jumlah stasiun yang terletak di bawah tanah kurang banyak.

    Setiap game pasti memiliki dampak positif dan negatif bagi para penggunanya. Train Drive ATS memiliki beberapa dampak negatif bagi diri saya berdasarkan pengalaman yang telah saya alami dan rasakan, seperti dapat membuat kepala menjadi pusing jika terlalu lama melihat rel kereta yang terus bergerak (terutama saat kereta dalam kecepatan yang tinggi), membuat orang menjadi lupa akan waktu (seperti lupa akan waktu untuk makan dan beristirahat, dan lain-lain), adanya radiasi dari gadget yang dipakai sehingga membuat mata menjadi lelah dan kurang sehat (jika terlalu lama atau terlalu fokus melihat layar saat sedang asyik bermain game), dan membuat tubuh menjadi mudah lelah (karena terlalu lama duduk atau berdiri saat sedang konsentrasi bermain game).

    Train Drive ATS memiliki beberapa pengaruh positif dan negatif bagi para gamers, baik bagi gamers muda maupun gamers tua. Beberapa pengaruh positif bagi gamers muda maupun gamers tua adalah dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan, serta skill motorik (melalui kapan kereta harus kurangi kecepatan ketika mendekati batas kecepatan atau mendekati sebuah stasiun sehingga kita harus menekan tombol yang mana untuk melakukan pengereman dengan lembut), membuat otak menjadi lebih aktif dalam berpikir, reflek berpikir akan menjadi lebih cepat merespon, dan dapat mengurangi kepikunan (membantu mengingat, melalui kapan kereta harus mengurangi kecepatan (pada jarak kira-kira berapa) ketika sedang mendekati sebuah stasiun jika tanda dan suara alarm dimatikan).

    Pengaruh positif game tersebut rata-rata sama, baik untuk gamers muda maupun gamers tua, namun sebagian pengaruh negatif game, antara untuk gamers muda maupun gamers tua, ada yang sedikit berbeda, yakni dalam mengatur waktu. Hal ini terjadi karena gamers tua dinilai lebih bijaksana dalam mengatur waktu (antara waktu untuk bermain game, waktu untuk makan, waktu untuk beristirahat, maupun waktu untuk meyelesaikan pekerjaan) kecuali ada hal lain yang mengakibatkan orang tersebut tidak bijaksana dalam mengatur waktu (seperti terlanjur kecanduan bermain game atau pengangguran) yang membuat hal tersebut tidak menutup kemungkinan gamers tua juga bisa mengalami pengaruh negatif yang juga dirasakan oleh gamers muda.

    Pengaruh negatif game tersebut adalah membuat kepala menjadi pusing saat terlalu lama bermain game dikarenakan melihat rel kereta yang terus bergerak secara cepat dan terus menerus, membuat orang menjadi lupa akan segala hal (seperti lupa akan waktu, lupa akan pekerjaan yang harus diselesaikan, dan lain-lain) yang berdampak buruk pada diri sendiri dan membuat tubuh menjadi mudah terkena serangan penyakit, membuat mata menjadi mudah lelah dan kurang sehat karena adanya radiasi dari gadget yang dipakai, dan membuat tubuh menjadi mudah lelah yang diakibatkan oleh terlalu lama duduk atau berdiri saat sedang konsentrasi bermain game. Pengaruh negatif tersebut dapat dicegah dengan adanya kesadaran diri sendiri pengguna game tersebut akan dampak yang disebabkan bagi dirinya.
Share on Google Plus

About Anonymous

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

12 komentar: