MAKALAH PEMBUATAN TAPE


KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan berkat dan rahmatNya kepada umatNya, khususnya bagi penulis yang telah mampu menyelesaikan laporan ilmiah yang berjudul “Proses Pembuatan Tape”.

            Dalam penulisan laporan ilmiah ini, penulis tidak mendapatkan kendala-kendala apapun, sehingga penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan baik. Selain itu, penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Mutiara Arum Kusumaningati S.Si, selaku guru pembimbing yang telah memberikan dorongan dan motivasi sehingga laporan ilmiah ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

            Penulis mengharapkan, lewat laporan ilmiah ini, pembaca dapat mengetahui cara pembuatan tape yang baik dan benar, mengetahui proses singkong menjadi tape yang melalui proses fermentasi, dan mengetahui dengan baik proses fermentasi yang terjadi pada tape sehingga pembaca dapat melestarikan bioteknologi tradisional, serta dapat mengembangkannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.

            Disini penulis juga menyampaikan, apabila seandainya dalam penulisan laporan ilmiah ini terdapat hal-hal yang kurang berkenan atau tidak sesuai dengan harapan, penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya dan dengan senang hati menerima masukan, kritikan, dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ilmiah ini. Semoga apa yang diharapkan oleh penulis yang telah dijabarkan di atas, dapat dicapai dengan sempurna.

Surabaya, 28 Oktober 2015

Penulis
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.        Latar Belakang
Indonesia memiliki beragam makanan tradisional yang tak kalah enaknya dengan masakan modern (misal makanan cepat saji). Rata-rata makanan tradisional, khusunya di Indonesia, menggunakan bioteknologi tradisional dalam proses pembuatannya. Namun, keberadaan bioteknologi tradisional di Indonesia masih kerkendala oleh beberapa masalah. Masalah-masalah tersebut antara lain, harga bahan baku yang tinggi, kondisi cuaca yang tak menentu, dan juga persaingan dengan makanan modern. Masalah-masalah tersebut membuat keberadaan makanan tradisional di Indonesia makin terkikis, misal makanan tradisional rata-rata dijual di pasar tradisional meskipun beberapa swalayan modern (mall) juga menjualnya. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan untuk menjaga kelestarian makanan tradisional yang menggunakan bioteknologi tradisional secara baik dan benar (tidak menambahkan bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh manusia). Masyarakat juga diharapkan untuk mengembangkan bioteknologi tradisional yang ada saat ini sehingga dapat meningkatan kesejahteraan.
Salah satu makanan tradisional Indonesia adalah tape. Tape merupakan makanan tradisional yangsudah tidak asing lagi bagi kita. Tape adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang telah difermentasi menggunakan ragi tape. Selain menggunakan singkong, tape juga dapat dibuat dengan menggunakan ketan hitam. Ketan singkong termasuk jenis umbi-umbian kayu yang banyak terdapat di seluruh daerah di Indonesia. Singkong atau ketan hitam tersebut kemudian difermentasi oleh ragi tape. Ragi tape tersebut mengandung beberapa mikroorganisme, seperti Chlamydomucor, Saccharomyces cerevisiae, dll. Makanan tradisional ini sangat lezat. Selain rasanya yang nikmat nan lezat, tape juga mengandung banyak karbohidrat yang berguna bagi tubuh manusia. Namun, seiring berjalannya waktu, tape sering dilupakan karena masyarakat lebih memilih makanan modern daripada makanan tradisional. Pembuatan tape dengan cara fermentasi dapat digolongkan sebagai bioteknologi, lebih tepatnya bioteknologi tradisional atau sering disebut sebagai bioteknologi konvensional. Proses fermentasi yang terjadi pada singkong sehingga dapat berubah menjadi tape adalah perubahan pati menjadi gula oleh mikroorganisme Chlamydomucor, dan oleh Saccharomyces cerevisiae gula diubah menjadi alkohol, sehingga singkong menjadi lunak, berair, manis, dan berbau alkohol.
1.2.        Permasalahan
Adapun beberapa permasalahan yang diangkat sebagai dasar penulisan dan penelitian ini adalah tentang bagaimanakah cara membuat tape (dari mana tape berasal),  bagaimana singkong yang awalnya padat dapat menjadi tape yang lunak dan berair, dan bagaimana proses fermentasi yang terjadi pada singkong sehingga dapat berubah menjadi tape yang nikmat nan lezat.
1.3.        Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian karya ilmiah ini adalah, pertama, mengetahui cara pembuatan tape yang baik dan benar, mulai dari awal proses hingga akhir. Kedua, mengetahui cara singkong dapat menjadi tape, yakni melalui proses fermentasi oleh ragi tape yang mengandung mikroorganisme Chlamydomucor, Saccharomyces cerevisiae, dll. Dan ketiga, mengetahui proses fermentasi yang terjadi pada tape, yakni perubahan pati menjadi gula oleh kapang jenis Chlamydomucor, dan oleh Saccharomyces cerevisiae gula diubah menjadi alkohol.
1.4.        Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat berguna bagi masyarakat umum, khususnya generasi muda  (pelajar) sehingga lebih mengenal tape mulai dari proses pembuatannya hingga pemanfaatannya dan menambah wawasan (khususnya dalam bidang bioteknologi). Sementara itu, manfaat penelitian ini bagi penulis adalah menambah pengalaman dalam membuat tape. Penulis mengharapkan, lewat penelitian ini, generasi muda dapat mengembangkan bioteknologi tradisional guna meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.
1.5.        Hipotesis
Adapun dua hipotesis yang diangkat oleh penulis antara lain, yang pertama adalah hipotesis nol, yakni pemberian ragi tape terhadap singkong yang telah direbus tidak ada pengaruhnya dalam proses pembuatan tape. Dan yang kedua adalah hipotesis alternatif, yakni apakah pemberian banyak sedikitnya ragi terhadap singkong yang telah direbus memberikan dampak atau pengaruh yang signifikan dalam proses pembuatan tape.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1.    Bioteknologi
Bioteknologi berasal dari dua kata, yaitu bios yang berarti hidup dan teknologi yang berarti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Bioteknologi adalah pemanfaatan mikroorganisme, misalnya bakteri, ragi, dan jamur yang telah direkayasa untuk menghasilkan suatu produk atau barang guna memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan manusia.
Bioteknologi dibagi menjadi dua, yaitu bioteknologi konvensional (tradisional) dan bioteknologi modern. Bioteknologi konvensional adalah bioteknologi yang menggunakan mikroorganisme berupa bakteri, jamur, dan lain-lain dalam proses pembuatannya. Sedangkan bioteknologi modern biasanya menggunakan teknologi modern yang dapat membantu kita, seperti dalam proses pengkloningan dan kultur jaringan. Contoh dari bioteknologi konvensional adalah pembuatan tape, tempe, susu, dll. Sedangkan contoh dari bioteknologi modern adalah rekayasa genetika, kloning, kultur jaringan, dll.
Ciri-ciri utama bioteknologi adalah adanya benda biologi (makhluk hidup) berupa mikroorganisme tumbuhan atau hewan, adanya teknologi yang dipakai, dan produk yang dihasilkan berupa hasil ekstraksi dan pemurnian. Perbedaan utama antara bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern terletak pada teknologi yang diterapkan, dimana bioteknologi konvensional masih menggunakan teknologi yang sederhana, sementara bioteknologi modern menggunakan teknologi atau alat-alat canggih. Bioteknologi modern lebih terjamin keamanan dan kebersihannya karena lebih memerhatikan standar kesehatan.
2.2.    Fermentasi
Fermentasi adalah proses penguraian bahan organik oleh mikroorganisme dalam keadaan anaerob (tanpa oksigen). Fermentasi sering kali digunakan dalam bidang bioteknologi. Beberapa contoh hasil fermentasi adalah etanol, alkohol, asam laktat, dan hidrogen. Gula dan ragi dikenal sebagai bahan yang umum dalam fermentasi. Ragi biasanya digunakan untuk menghasilkan etanol dalam bir, anggur, dan minuman beralkohol lainnya. Beberapa manfaat atau keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan proses fermentasi untuk proses produksi suatu produk adalah dapat mengurangi zat antinutrisi, dapat meningkatkan kandungan nutrisi, dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan, dapat meningkatan tingkat kesehatan (lebih menyehatkan), lebih tahan lama, dan lebih awet, serta memiliki nilai jual yang lebih tinggi.
2.3.    Tape
Tape adalah makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat, seperti singkong, oleh ragi. Makanan tradisional dari Indonesia ini populer di Jawa dan dikenal di seluruh tempat, mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. Di Jawa Barat, tape singkong dikenal dengan nama peuyeum (bahasa Sunda).
Tape singkong adalah tape yang terbuat dari bahan dasar singkong. Pembuatan tape singkong melibatkan umbi singkong tersebut sebagai substrat dan ragi tape (Chlamydomucor, Saccharomyces cerevisiae, dll) yang dibalurkan pada umbi singkong yang telah dikupas kulitnya. Pembuatan tape singkong biasanya memerlukan waktu antara 2 hingga 3 hari untuk proses fermentasinya.
Selain tape singkong, terdapat tape lainnya, yakni tape uli atau tape ketan hitam. Tape uli terbuat dari beras ketan, dan ada juga yang membuatnya dari beras ketan hitam. Tape uli banyak dijumpai di daerah Sunda, seperti di Jakarta, Bandung, Sukabumi, dan Cianjur. Sedangkan tape ketan hitam sangat susah didapat di tempat umum, biasanya masyarakat Sunda hanya membuatnya saat acara-acara tertentu, misal acara pernikahan atau acara syukuran. Tape ketan hitam berasa manis dan terbuat dari ketan hitam yang difermentasi oleh ragi tape.
Selain rasanya yang nikmat nan lezat, tape juga mengandung berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Tape dapat menjaga tubuh kita hangat karena mengandung alkohol. Tape juga dapat mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) karena mengandung vitamin K. Tape juga mengandung yeast segar yang mampu mensintesis vitamin B1, B3, dan B12. Vitamin B1 berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Vitamin B3 berguna untuk kesehatan kulit, meningkatkan nafsu makan, memperbaiki sistem pencernaan, serta membantu mengubah makanan menjadi energi. Sedangkan vitamin B12 berguna untuk mengubah karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi, menjaga sel darah merah tetap sehat, melindungi sel saraf, mencegah penyakit jantung, dan mencegah penyusutan otak yang berujung pada penurunan daya ingat. Semua manfaat tersebut terkandung di dalam tape.
Tape juga dapat digunakan sebagai obat jerawat karena mampu menetralisir racun yang menumpuk pada pori-pori kulit. Tape juga mampu untuk mengikat dan mengeluarkan aflatoksin dari dalam tubuh. Tape juga bisa mencegah berbagai macam penyakit, seperti darah tinggi, anemia, dll.
Tape juga bisa digunakan untuk mengobati luka penderita diabetes. Penderita diabetes apabila memiliki luka, luka tersebut akan sangat susah untuk disembuhkan. Nah, ternyata, tape bisa menyembuhkan luka tersebut dengan cara, pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu luka dengan air hangat, lalu tempelkan tape yang lembek pada luka, dan balut luka tersebut dengan kain perban.
Tape juga cocok untuk orang yang sedang mengikuti program diet. Karena singkong termasuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, tape akan mudah mengenyangkan perut. Kandungan lemak dan zat berbahaya tidak terdapat di dalam singkong, sehingga jika diolah secara baik dan benar, maka tubuh kita akan mendapat manfaat yang baik tanpa adanya efek samping atau hal-hal buruk. Cara mengolah singkong untuk program diet adalah dengan mengukus atau merebusnya, lalu dimakan. Singkong yang digoreng kurang baik bagi tubuh karena meskipun masih mengandung berbagai nutrisi, kandungan minyak dan lemak pada minyak goreng akan ikut juga terbawa ke dalam tubuh. Oleh karena itu, teknik pengolahan tape yang paling tepat adalah dengan cara direbus atau dikukus, lalu dimakan.
Di samping manfaatnya yang begitu banyak, ternyata konsumsi tape yang berlebihan dapat meinimbulkan infeksi pada darah dan gangguan pada sistem pecernaan. Selain itu, beberapa jenis bakteri yang digunakan dalam pembuatan tape berpotensi menyebabkan penyakit pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, seperti balita, lansia, atau penderita HIV/AIDS. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, konsumsi tape perlu dibatasi (terkendali) dan pembuatan serta penyimpanannya harus dilakukan dengan higienis.

2.4.    Ragi Tape
Ragi merupakan zat yang bisa dimanfaatkan untuk fermentasi. Ragi biasanya mengandung mikroorganisme seperti Saccharomyces cerevisiae. Ada dua jenis ragi tape yang dijual di pasaran, yakni ragi padat dan kering. Ragi kering berbentuk butiran-butiran kecil dan ada juga yang berupa bubuk halus dan berwarna kecoklatan. Ragi kering umumnya digunakan dalam pembuatan kue. Sedangkan ragi padat bentuknya bulat pipih dan sering digunakan dalam pembuatan tape.           
                                     
BAB III
METODE PENELITIAN
 3.1.    Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan oleh penulis pada hari senin, tanggal 26 Oktober 2015, pukul 14:30 sampai pukul 15:30 di kantin sekolah yang terletak di Surabaya.
 3.2.    Subjek Penelitian
Adapun subjek penelitian ini adalah penggunaan dan kualitas ragi tape sebagai variabel bebas, kelembapan udara, suhu, dan waktu yang dibutuhkan sebagai variabel kontrol, dan singkong sebagai variabel terikat.
3.3.    Alat dan Bahan
Adapun alat yang digunakan dalam penelitian ini ada tujuh, yakni dandang, kotak kedap udara, pisau, kain lap, sendok dan garpu, kompor gas, dan penyaring. Sementara itu, bahan yang digunakan ada empat, yakni singkong (± 1 kilogram), daun pisang (secukupnya), ragi tape (1 bungkus), dan air.
3.4.    Cara Kerja
dapun cara kerja dalam penelitian ini adalah, pertama, semua alat dan bahan yang diperlukan disiapkan. Kedua, singkong dikupas dan dipotong menjadi beberapa bagian. Ketiga, singkong dicuci hingga bersih. Keempat, air dimasukkan secukupnya ke dalam dandang. Kelima, air direbus hingga mendidih. Keenam, singkong dimasukkan ke dalam dandang. Ketujuh, singkong dikukus selama 15 menit. Kedelapan, singkong dikeluarkan dari dandang dan diletakkan pada tempat yang bersih. Kesembilan, singkong yang sudah matang diletakkan di atas daun pisang yang sudah dilap bersih. Sepuluh, singkong ditaburi secara merata ragi tape yang sudah ditumbuk sampai halus. Sebelas, singkong beragi dibungkus dengan daun pisang dan diletakkan di dalam wadah kedap udara yang telah tertutup rapat. Dua belas, wadah tersebut diletakkan pada tempat yang hangat. Terakhir, tape ditunggu selama ± 2 sampai 3 hari, dan setelah itu, tape sudah siap untuk disajikan dan dimakan.


BAB IV
HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN

Hasil penelitian penulis adalah tape yang nikmat nan lezat. Berbeda dengan singkong, tape memiliki tekstur yang lebih lunak dan rasa yang lebih manis. Tape berbentuk semi cair, berasa manis keasaman, dan memiliki tekstur lengket. Apabila dimakan, tubuh akan terasa hangat karena tape mengandung alkohol yang dihasilkan dari proses fermentasi oleh ragi tape.

Dalam pembuatannya, tape memerlukan kecermatan dan kebersihan yang tinggi agar singkong dapat menjadi lunak karena proses fermentasi yang berlangsung secara baik. Ragi tape merupakan bibit mikroorganisme yang sangat berperan dan dibutuhkan untuk membuat tape. Agar fermentasi tape tidak gagal, alat-alat dan bahan yang digunakan harus bersih dari kotoran, dan air yang digunakan juga harus bersih. Apabila proses pembuatan tape tidak dilakukan secara higienis dan tidak memperhatikan standar kebersihan, maka tape akan cepat busuk karena pasti ada bakteri atau mikroorganisme lain yang masuk ke dalam tape.

            Perubahan biokimia yang terjadi pada fermentasi tape adalah karbohidrat menjadi gula (glukosa) dan gula menjadi alkohol. Karbohidrat diubah menjadi glukosa dengan bantuan mikroorganisme Chlamydomucor. Sedangkan gula diubah menjadi alkohol dengan bantuan mikroorganisme Saccharomyces cerevisiae. Secara singkat, glukosa merupakan gula yang paling sederhana dan melalui proses fermentasi akan dihasilkan etanol.

            Tape bisa divariasi menjadi makanan lain yang tak kalah lezatnya dengan proses pembuatan yang relatif mudah untuk dikerjakan. Contohnya, tape bisa diubah menjadi tape goreng, seperti yang penulis buat. Rasa tape yang sudah manis tidak mengharuskan kita untuk menambahkan gula pada masakan tersebut sehingga aman bagi penderita diabetes. Contoh makanan lain yang dapat dibuat dari tape adalah es tape. Es tape sangat mudah dibuat, serta rasanya sangat manis dan menyegarkan karena ada esnya yang membuat makanan tersebut segar. Selain itu, tape juga bisa dibuat menjadi wajik atau dodol. Tape juga dapat dicampurkan dengan makanan lain sebagai bahan pelengkap, misal dicampur dengan es teler, es campur, es doger, es cendol, dan es-es lainnya.
BAB V
KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat dicapai oleh penulis dari penelitian ini adalah, pertama, tape dibuat dari singkong yang telah difermentasi oleh ragi tape (Saccharomyces cerevisiae) yang mengeluarkan enzim yang dapat memecah karbohidrat pada singkong menjadi glukosa (gula yang lebih sederhana), sehingga tape terasa manis. Kedua, salah satu faktor yang berpengaruh pada pembuatan tape adalah udara. Proses fermentasi terjadi dalam keadaan anaerob (tanpa oksigen) agar enzim pada ragi (Saccharomyces cerevisiae) dapat pecah. Apabila ada udara, maka proses pemecahan enzim tersebut dapat terganggu yang dapat mengakibatkan kegagalan dalam pembuatan tape. Ketiga, lamanya proses fermentasi tersebut dipengaruhi oleh kadar alkohol yang dihasilkan oleh ragi tape (mikroorganisme Saccharomyces cerevisiae). Dan keempat, tape bisa menjadi asam apabila ada perlakuan-perlakuan (proses) yang seharusnya tidak dilakukan karena kurang teliti, misal menambahkan ragi yang sangat banyak pada singkong (5-10 bungkus) dan penutupan wadah yang tidak rapat sehingga udara masuk dan menganggu proses fermentasi tape. Selain itu, rasa asam tape juga diakibatkan oleh proses fermentasi yang masih berlanjut atau berlangsung terlalu lama.

DAFTAR PUSTAKA

Share on Google Plus

About Anonymous

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

145 komentar:

  1. Makasih kakaakkk! Materinya berguna buat referensi!💙

    ReplyDelete
  2. Makasih banyak ya kakak.. Sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  3. Makasih banyak ya kakak.. Sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  4. Makasih banyak ya kakak.. Sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  5. kak buatkan resep sederhana tema pembuatan tape dan sebutkan 5 langkah pembuatnya

    ReplyDelete
  6. Apakah Anda memerlukan bantuan dari BANDARTOGEL4D? Jangan khawatir, para ahli kami memberikan daftar bandar togel terpercaya yang dapat anda gunakan secara gratis.

    Bandar togel 4d merupakan sebuah situs yang beroperasi menyediakan daftar agen bandar togel terpercaya yang dapat di gunakan sebagai acuan tempat bertaruh togel 4d.

    Kami memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun sebagai bandar togel 4d. Kami berkomitmen untuk menyediakan daftar bandar togel terpercaya kepada seluruh pecinta game togel, dan kami selalu melampaui harapan Anda."

    ReplyDelete
  7. si paling lolos ptn 202210 March 2022 at 18:16

    Thanks a lot! ^^

    ReplyDelete
  8. OBOR138 Situs Slot Online Terpercaya

    OBOR138 adalah Situs Slot online yang Terpercaya resmi dengan lisensi dan sudah dikenali oleh masyarakat Indonesia.

    Bergabunglah bersama OBOR138 bersama kami dan dapatkan Bonus Terbesar Saat ini

    Bonus new member 100%, Referral tiap hari,
    jadi tunggu apa lagi bosque, segera claim sekarang atau menyesal!

    Deposti 50ribu

    slot gacor
    slot terpercaya
    deposit pulsa
    slot judi online

    Ayo daftar dan menangkan hadiah utamanya

    ReplyDelete
  9. Banyak sekali sekarang game judi yang sudah beralih ke online. Tentu saja ada sangat banyak yang menyediakan situs judi, tetapi anda harus lebih teliti lagi dalam memillih. Inilah ciri ciri situs judi online yang terpercaya seperti berikut:
    Mempunyai banyak permainan yang menarik untuk dimainkan
    Dilengkapi dengan Sistem Keamanan yang Terjamin
    Menawarkan Berbagai Bonus dan juga Cuan
    Dapat di Mainkan di Mana Saja dan Kapan Saja
    Hanya Obor138 yang bisa memberikan jaminan seperti yang saya terangkan diatas.

    Slot online obor138
    Slot gacor obor 138
    situs slot obor 138
    Obor 138 situs slot online
    Slot online gacor
    Slot online terbaik
    Obor 138
    situs judi online
    Obor 138 Membara
    Obor 138 Slot
    Obor 138 Terpercaya
    Situs Slot online Terpercaya

    Buruan daftarkan diri anda sekarang dan dapatkan hadiah anda. Tunjangkan sampai tumbang!!!

    ReplyDelete
  10. bagi anda yang mencintai slot judi online tentunya anda akan mencari yang paling gacor dan terpercaya pastinya. Obor138 tentunya bisa menjadi kendala anda saat anda pusing akan apa yang akan anda lakukan di waktu yang luang tentunya. Oleh karena itu, jika anda ingin mencari yang gacor anda klik saja disini slot gacor. Obor138 juga memliki sistem keamanan yang kuat pastinya jadi anda tidak perlu takut akan bocornya data pribadi anda. slot terpercaya
    ini mestinya tidak akan merugikan kalian.

    obor138
    asia 138 slot
    obor 138
    obor 138 slot
    obor138 slot
    obor138 slot login
    obor 138 slot login
    situs slot online
    situs slot terpercaya 138
    situs slot terbaik 138
    slot online
    slot online obor138
    situs slot gacor obor138
    slot gacor
    obor138 link alternatif
    obor 138 link alternatif
    obor138 login
    obor 138 login
    obor138 daftar
    daftar obor138
    obor 138 daftar
    daftar obor 138
    situs judi

    TUNJANGKAN SAMPAI TUMBANG BOSSKUUU!!!!

    ReplyDelete
  11. Buat anda yang ingin memiliki kesempatan mendapatkan tambahan penghasilan di musim pandemi ini, segera daftarkan diri anda di enter188, satu-satunya agen yang bisa membuat anda termehek-mehek dengan jackpot yang begitu besar.

    ReplyDelete
  12. Di dalam situs slot gacor Label138 Terbaik dan terpercaya, pastikan anda menemukan fasilitas yang tentu akan membantu anda sekali untuk mendapatkan game yang memuaskan. Hal ini sangat penting karena layanan ini tentu tidak akan anda temukan pula pada situs-situs lainnya.

    label 138 login
    label138
    label 138
    label 138 slot
    label138 slot
    label138 slot login

    ReplyDelete
  13. OBOR 138 SLOT mempunyai sistem keamanan yang rancangan keamanan tingkat tinggi, alhasil semua keamanan anda dalam main judi online bakal aman, dan informasi diri anda bakal terpelihara dengan cara ketat oleh teknologi enkripsi informasi. Anda pula bisa mendapatkan situs kami yang bisa ranking pada mesin pencarian Google sebab teruji keasliannya dengan ribuan member yang telah membuktikannya.
    obor 138 slot
    slot gacor obor 138
    Agen slot obor 138
    judi slot online
    situs slot gacor
    obor138 link alternatif
    slot online
    obor 138 slot gacor

    ReplyDelete
  14. Di Obor 138 slot gacor kami pastinya tetap aktif selama 24 non - stop untuk menjaga kenyamanan para bettors dari kendala masalah yang muncul tiba - tiiba tanpa adanya sebab. Oleh karena itu kami selalu siap membantu anda dimanapun dan kapanpun jika adanya masalah yang terjadi tanpa membuat anda gelisah.
    situs slot gacor

    ReplyDelete
  15. Bermain di situs judi slot online terpercaya seperti OBOR138 pastinya menjadi pilihan yang terbaik dalam mengisi waktu luang. Setiap daftar jenis provider judi slot online Internasional pasti mencoba untuk menghadirkan beragam permainan game slot terbaru serta terlengkap dan juga menarik dengan persentase RTP yang tinggi dibandingkan dengan provider situs lain.
    obor 138 slot

    ReplyDelete
  16. Selain menyediakan banyak game situs slot online, OBOR 138 gacor selalu memberikan tips & trik dalam bermain di situs slot online agar mendapatkan jackpot terbesar setiap harinya. Perlu diingat bahwa provider permainan yang direkomendasikan oleh situs obor 138 slot tentunya sudah mempunyai tingkat kemenangan yang tinggi.
    slot judi online terbaik dan terpercaya OBOR138

    ReplyDelete
  17. Tentunya para penjudi yang bermain di situs slot online obor 138 untuk mendapatkan kemenangan. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan oleh anda saat bermain di obor 138 slot.
    judi slot 138 online

    ReplyDelete
  18. Banyak jenis permainan game slot online yang ada di situs judi online slot gacor hari ini pastinya akan membuat anda binggung untuk memilih permainan mana saja yang lagi gacor. Maka dari itu, Obor138 akan memberikan arahan kepada anda untuk memainkan game slot gacor sehingga mudah memenangkan hadiahnya.
    obor138 link alternatif

    ReplyDelete
  19. Obor138 siap melayani setiap member slot online dengan sangat ramah dan cepat. Jika anda mengalami kendala pada saat bermain slot online, anda bisa langsung menghubungi Customer Service kami yang sudah terlatih profesional dan siap melayani anda 24 jam penuh.
    obor 138 slot gacor terbaik dan terpercaya

    ReplyDelete
  20. Obor 138 Slot Gacor Terbaru Hari Ini terpercaya dengan bonus terbaik. jika anda bergabung jadi member bisa memperoleh bermacam- macam provit menarik. situs slot online terbaik memperkenalkan metode sistem deposit melalui e-wallet dan transfer bank yang memberi anda kemudahan dalam memainkan seluruh game dengan satu akun saja buat bermain game slot online. gabung sekarang supaya anda memperoleh banyak keuntungan, dengan bermain serta mengumpulkannya bisa membuat anda jadi kaya dalam waktu singkat

    ReplyDelete
  21. Persentasi winrate yang dipunyai oleh Slot Online Gacor bisa dikatakan rata-rata lebih besar dibandingkan judi slot online terbaik lainnya. anda akan lebih banyak untung besar apabila bergabung bersama Situs slot Obor 138 Terpercaya dan Gacor Rtp Tertinggi. anda pasti penasaran kan? Karena dengan anda memaikannya di situs slot terpercaya dan gacor, terdapat banyak jenis permainan slot gacor hari ini yang paling diminati bisa anda pilih untuk memainkannya.

    ReplyDelete
  22. keuntungan yang bisa anda dapatkan apabila anda join bersama situs slot obor 138 online terbaik dan terpercaya di indonesia. anda akan memperoleh banyak promo menarik yang bisa anda dapatkan ialah: promo new member 100%, bonus cashback, bonus referral juga bonus turn over dan masih ada lagi lainnya. anda juga bisa memperoleh hadiah jackpot terbesar dengan presentasi kemenangan yang tinggi maka dari itu jangan tunggu lagi, cepatlah anda bergabung di situs Obor 138 login slot online yang paling sering memberikan anda keuntungan jackpot

    ReplyDelete
  23. sebelum anda mulai bermain permainan judi slot online gacor yang sering memberikan bukti kemenangan, tidak banyak langkah langkah proses yang hendak anda lakukan. anda hanya mengaksesnya di situs slot online gacor hari ini hanya dengan melaksanakan pendaftaran yang berada di situs slot online obor 138 terbaik dan terpercaya memberikan hadiah jackpot terbesar

    ReplyDelete
  24. Jangan sampai ketinggalan!!! ayo cepat gabung dan daftar diri anda sekarang juga agar anda tidak ketinggalan dengan penawaran segala bonafit deposit E-wallet, transfer bank mendapatkan bonus promo new member 100% untuk member baru ikut bergabung. segala provit dan bonus ataupun jakcpot terbesar bisa anda dapatkan dengan mudah di situs slot obor 138 online terbaik dan terpercaya.

    ReplyDelete
  25. Ada situs Obor 138 slot online gacor hari ini bisa anda jadikan sebagai waktu luang mencari cuan dalam bermain slot online. Dengan adanya berbagai pilihan game slot online maka dari itu obor138 tentunya dapat memberikan anda merasa lebih untung dalam pemilihan kecocokan game slot online yang sesuai dengan tipe permainan anda.

    ReplyDelete
  26. agen slot Obor 138 merupakan situs slot online terbaik dan terpercaya yang sangat di idolakan di kalangan kelompok penjudi online hingga menjadi terkemuka sampai saat ini, telah banyak yang membuktikan bahwa permainan judi slot online ini bisa memperoleh keuntungan yang sangat besar saat memaikan permainan slot online

    ReplyDelete
  27. Permainan situs slot mentari138 tentunya mempunyai berbagai permainan paling gacor saat ini sehingga para pemain bisa mendapatkan rtp hingga 96,5% para pemain dapat dengan mudah meraih kemenangan dengan terus bermain di provider paling gacor saat ini apa lagi permainan slot online saat ini sudah berkembang secara terus menerus

    ReplyDelete
  28. keuntungan besar bisa anda dapatkan apabila memainkan game slot online di situs Obor138 slot online terbaik dan terpercaya di indonesia dengan pelayanan cs online 24 jam, memberikan bonus provit setiap main slot, memiliki server canggih, metode deposit yang komplit dan masih banyak lagi lainnya dijamin anda berkenan dengan hadiah jackpot yang sensational.
    obor 138 login

    ReplyDelete
  29. Situs slot Obor138 terbaik dan terpercaya telah terbukti memberikan provit lebih untuk member yang telah bergabung.saat ini telah menghadirkan jenis-jenis fasilitas terbaik untuk memberikan kenyamanan para pemain juga Sering membagikan kemenangan dan memberikan banyak bonus jackpot slot online terbesar yang di berikan oleh Situs Obor 138 Slot online Gacor Jackpot Terbesar. pastinya juga menawarkan beragam permainan bocoran slot gacor saat ini yang memudahan anda agar meraih kemenangan dengan taruhan yang cukup kecil mudah menang jackpot
    agen slot obor 138

    ReplyDelete
  30. selaku situs judi slot online terpercaya dan gacor hari ini merupakan tempat yang disukai para bettor untuk bermain, Obor 138 slot online akan terus melakukan upgrade secara rutin untuk mempercepat akses website yang tentunya memiliki kualitas terbaik untuk para pecinta game judi slot gacor terbaik di indonesia.
    obor 138 slot login
    slot online obor 138

    ReplyDelete
  31. sistem keamanan yang dimiliki Obor 138 slot online terpercaya mempunyai program keamanan yang terbaik, maka itu semua keamanan serta kenyamanan anda dalam main judi slot online pasti aman, dan data diri anda bakal terpelihara dengan cara selektif oleh teknologi enkripsi informasi. anda juga bisa mengakses situs kami pada mesin pencarian Google karena telah teruji keasliannya dengan banyak member yang telah membuktikannya.
    agen slot online
    situs slot online

    ReplyDelete
  32. tidak perlu sangsi lagi terhadap tingkat kemanangan yang tinggi di situs obor 138. tentunya Obor 138 slot ini adalah situs slot online terbaik yang memberikan tingkat kemenangan tertinggi pada permainan slot online. kunjungi di link
    agen slot obor 138
    situs slot online
    obor 138 slot

    ReplyDelete
  33. Hanya situs Obor 138 slot online terpercaya yang mampu memenuhi keinginan anda semua. Tidak hanya terpercaya, betting dalam OBOR138 tergolong rendah loh! Jadi dapat dipastikan bahwa anda akan semakin nyaman dalam bermain game slot online.
    judi slot 138 online
    situs slot gacor
    obor138 link alternatif

    ReplyDelete
  34. Banyak sekali member yang selalu bermain kesini karena banyak yang sudah mendapatkan hadiah jackpot yang sangat menarik. Jadi jangan ragu untuk bermain di situs slot online yang tergacor dan terpercaya Obor 138.
    obor 138
    obor138
    obor 138 online
    situs obor 138
    obor 138 link alternatif
    slot 138 online
    obor 138 slot

    ReplyDelete
  35. Di masa sekarang yang maju ini yang terus berkembang dan modern ini. permainan slot online yang diciptakan ini menjadi lebih banyak fitur-fiturnya yang terbaik dan berbagai inovasi dan mutu yang terbaik. permainan slot online yang sering dimenangkan banyak orang di situs OBOR138 yang mempunyai mutu konsep global dengan bebagai bonus jackpot terbesar yang dihadirkan
    obor 138
    obor 138 online
    situs obor 138
    obor 138 link alternatif
    slot 138 online
    obor 138 slot

    ReplyDelete
  36. Obor 138 situs slot online terbaik dan terpercaya di indonesia merupakan daftar situs slot gacor terbaik yang mudah untuk memenangkan jackpot yang sangat besar yang sudah dikenal sebagai bandar situs judi slot online terbaik dan terpercaya di indonesia. situs slot obor 138 juga menyediakan banyak permainan slot yang pastinya gacor yang mudah meraih kemenangan
    situs slot obor 138
    situs slot online obor 138

    ReplyDelete
  37. Obor 138 slot terpercaya di indonesia telah menyediakan Minimal deposit yang terjangkau untuk seluruh pemain hanya Rp.50.000 saja anda telah dapat memainkan permainan slot online dengan tingkat kemenangan besar bisa anda nikmati serta memperoleh banyak promo yang menarik ayo mainkan sekarang juga.
    slot online terbaik
    slot obor 138

    ReplyDelete
  38. daftarkan diri anda sekarang juga dan nikmati suasana permainan slot yang seru dan menarik hanya di Obor 138 situs slot online terbaik dan terpercaya di indonesia. juga terdapat banyak sekali bonus promo serta hadiah-hadiah yang ditawarkan sampai puluhan juta hingga ratusan jutaan rupiah ayo buruan daftar di situs slot obor 138

    ReplyDelete
  39. OBOR138 bisa menjadi tempat hiburan yang menarik sekaligus juga bisa merasakan sensasi permainan yang seru juga sangat menguntungkan dalam finansial.
    slot gacor
    slot gacor hari ini

    ReplyDelete
  40. hidup harus saling komunikasi dan juga kehidupan sosial

    ReplyDelete
  41. kembangkan ide dengan membuat kerajinan tangan

    ReplyDelete
  42. TENYATA SPERMA BISA BIKIN AWER MUDA LOH MENELAN SPERMA BISA MEMBUAT AWET MUDA

    ReplyDelete
  43. WAH TERNYATA DIBOGOR ADA TEMPAT WISATA ALAM YANG INDAH WISATA ALAM CANDALI BOGOR

    ReplyDelete
  44. WARNA RUANG TAMU KAMU GITU - GITU AJA? WARNA CAT RUANG TAMU

    ReplyDelete
  45. bola pingpong naik sapu terbang. wah sungguh informatif. hantu cina

    ReplyDelete
  46. infomenarik mengenai kanye west

    ReplyDelete
  47. kembangkan ide dengan membuat kreativitas dan inovasi

    ReplyDelete
  48. kembangkan ide dengan membuat kerajinan bahan lunak

    ReplyDelete
  49. kembangkan ide dengan membuat kreativitas usia dini

    ReplyDelete
  50. kembangkan ide dengan membuat kerajinan anak

    ReplyDelete
  51. kembangkan ide dengan membuat anyman bambu IQ

    ReplyDelete
  52. kembangkan ide dengan membuat kerajinan kayu

    ReplyDelete
  53. BAGAIMANA SIH STANDAR KECANTIKAN DI DUNIA? STANDAR KECANTIKAN DI DUNIA

    ReplyDelete
  54. SUKA BERPERGIAN JAUH? JALAN - JALAN? TAPI JANGAN LUPA KULIT HARUS TETAP DIRAWAT YAH CARA MERAWA KULIT SAAT BERPERGIAN

    ReplyDelete
  55. PUNYA BULU MATA PANJANG? YUK COBA DI LENTIKIN BIAR MAKIN BAGUS CARA MELENTIKAN BULU MATA

    ReplyDelete
  56. PENGEN WARNAI KUKU TAPI NGAK MAU YANG RIBET? KUTEK KUKU CANTIK SIMPEL

    ReplyDelete
  57. KAMU MEMILIKI ALIS YANG TIPIS? CARA MENEBALKAN ALIS

    ReplyDelete
  58. TEMPAT WISATA YANG LAGI VIRAL DI DUNIA TENTU KALIAN TAU KAN CAPPADOCIA BIAYA LIBURAN KE CAPPADOCIA

    ReplyDelete
  59. SAMPO UNTUK BAYI ITU TIDAK SAMA LOH DENGAN SAMA ORANG DEWASA BAGAIMANA CARA MEMILIH SAMPO UNTUK BAYI

    ReplyDelete
  60. KAMU PERNAH NGAK PERGI KE PAMERAN LUKISAN? APA ITU PAMERAN LUKISAN

    ReplyDelete
  61. SUKA BINGUNG MAU PAKE KEMEJA WARNA APA? REKOMENDASI WARNA KEMEJA UNTUK PRIA

    ReplyDelete
  62. SUKA MEMANAH? TAPI KAMU TAU NGK SIH APA ITU PANAHAN DAN MANFAATNYA

    ReplyDelete
  63. KAMU PENASARAN NGAK SIH SIAPA WANITA TERCANTIK DI DUNIA INI? SIAPA YANG PALING CANTIK DI DUNIA INI

    ReplyDelete
  64. WAH TAHUN INI KTT G20 DI ADAKAH DI INDONESIA MENGAPA KTT G20 DI ADAKAN DI BALI INDONESIA

    ReplyDelete
  65. TERNYATA KUMIS KUMIS PUNYA FUNGSI TERSENDIRI LOH APA FUNGSI KUMIS PADA KUCING

    ReplyDelete
  66. TERNYATA BUKAN CUMAN MATEMATIKA YANG ADA RUMUS, TAPI LUKISAN JUGA PUNYA RUMUS RUMUS -RUMUS DALAM SENI LUKIS

    ReplyDelete
  67. KAMU PUNYA PENYAKIT BUTA WARNA? CARA MENGATASI BUTA WARNA

    ReplyDelete
  68. TERNYATA SETELAH BEROLAHRAGA HARUS PENDINGINAN LOH APA YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH BEROLAHRAGA

    ReplyDelete
  69. I got here much interesting stuff. The post is great! Thanks for sharing it! TrolleyMate

    ReplyDelete
  70. BENTAR LAGI DESEMBER SAANYA STUDY TOUR SEKOLAH NIH REKOMENDASI TEMPAT STUDY TOUR

    ReplyDelete
  71. SEPERTI KEHIDUPAN LUKISAN JUGA PUNYA LANGKAH - LANGKAH LANGKAH - LANGKAH DALAM MELUKIS

    ReplyDelete
  72. TERNYATA MELUKIS BANYAK MANFAATNYA MANFAAT MELUKIS UNTUK ANAK

    ReplyDelete
  73. KAMU SUKA PAKAI LIPSTIK? MANFAAT LIPSTIK

    ReplyDelete
  74. KAMU MAU BERLIBUR TAPI TAKUT? TIPS KEAMANAN LIBURAN

    ReplyDelete
  75. KAMU PENGEN SEKOLAH MELUKIS? SEKOLAH SENI TERBAIK

    ReplyDelete
  76. SETIAP DESAIN PASTI MEMBUTUHKAN WARNA PENTINGNYA WARNA DALAM DESAIN

    ReplyDelete
  77. game terseru tahun ini main game dapat uang hanya di UNISLOT

    ReplyDelete
  78. Main judi slot online terbaru gampang menang hanya di eraspin

    ReplyDelete