PENGAMALAN PANCASILA


            Pengamalan pancasila sangat penting kita lakukan karena dapat menjadi perekat atau pemersatu bangsa Indonesia sehingga tidak terpecah-belah, namun senantiasa bersatu padu. Ketika persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia telah tercapai, maka keutuhan negara Indonesia akan senantiasa terjaga sehingga tujuan NKRI dapat tercapai [melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia; memajukan kesejahteraan umum; mencerdaskan kehidupan bangsa; serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial]. Menjaga keutuhan NKRI juga termasuk kewajiban kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia, salah satu caranya adalah mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila merupakan pedoman dalam berperilaku sehari-hari. Dengan mengamalkan nilai-nilai pancasila, maka bangsa Indonesia akan selalu bersatu padu dan terhindar dari berbagai pertentangan atau perselisihan yang dapat memecah belah bangsa.
            Nilai-nilai pancasila yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah hidup rukun antarsesama di rumah, sekolah, maupun lingkungan masyarakat. Kerukunan merupakan modal utama dalam menjaga keutuhan negara. Di rumah, kerukunan dapat kita lakukan dengan perilaku saling menghormati dan menyayangi anggota keluarga lain, tidak memaksakan kehendak pribadi, menghargai perbedaan pendapat, menjaga nama baik keluarga, dsb. Di sekolah, kerukukan dapat kita lakukan dengan perilaku saling menolong & berbagi dengan teman, tidak membeda-bedakan teman dalam bergaul, menghormati guru, dsb. Di masyarakat, kerukunan dapat kita lakukan dengan sikap tolong-menolong, saling menghormati dan menghargai hak dan perasaan orang lain, tidak membeda-bedakan unsur RAS, mau bekerjasama/bergotong-royong dengan siapapun, serta mau senantiasa berusaha memajukan bangsa. Perilaku tersebut harus selalu kita tunjukan agar keutuhan NKRI senantiasa terjaga sehingga kita dapat hidup aman, damai, sejahtera, makmur, dan tentram.


Share on Google Plus

About -

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment