PROPOSAL KEGIATAN SERVICE LEARNING


PROPOSAL KEGIATAN SERVICE LEARNING KE PANTI ASUHAN BUKIT SION SURABAYA
_______________________________________________________
KATA PENGANTAR
            Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmatNya kami mampu menyelesaikan proposal kegiatan yang berjudul “Proposal Kegiatan Service Learning ke Panti Asuhan Bukit Sion Surabaya”. Dalam penulisan proposal ini, kami mendapatkan berbagai kendala, mulai dari jadwal yang sangat padat hingga tuntutan guru yang besar, namun penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan baik. Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada guru Bahasa Indonesia dan ketua kegiatan Service Learning yang telah memberikan waktu, tuntutan yang besar, dorongan, dan motivasi sehingga proposal ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Melalui proposal ini, kami berharap kegiatan Service Learning dapat terselenggara dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sehingga dapat memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar dan tercipta hubungan timbal balik antara pelayanan dengan belajar. Dalam penulisan proposal ini, apabila terdapat hal-hal yang kurang berkenan atau tidak sesuai dengan harapan, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya dan dengan senang hati menerima segala masukan, kritik, dan saran dari pembaca yang bersifat positif demi kesempurnaan kegiatan Service Learning. Semoga apa yang kami harapkan dapat dicapai dengan baik.

Surabaya, 23 Oktober 2018

Penulis


            I.        LATAR BELAKANG
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih karunia-Nya sehingga kami masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk melakukan segala aktivitas. Sebagai umat Tuhan Yang Maha Esa sekaligus makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat, sepatutnya kami menyadari bahwa masih banyak saudara kami yang membutuhkan bantuan dan dukungan. Tanpa disadari, masih banyak orang di sekitar  yang membutuhkan pertolongan. Oleh sebab itu, sebagai umat yang beragama dan peduli terhadap sesama, kami selaku siswa-siswi SMA hendak memanfaatkan kesempatan dan waktu yang telah diberikan sekolah untuk menunjukkan rasa kepedulian terhadap sesama melalui kegiatan Service Learning. Suatu kegiatan Service Learning akan berjalan dengan baik apabila dikelola secara terorganisasi, dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab, serta adanya hubungan timbal balik antara pelayanan dan belajar.
 Kegiatan ini kami lakukan untuk berbagi kasih dan melayani saudara-saudara sekitar kami, khususnya anak-anak Panti Asuhan Bukit Sion, yang membutuhkan uluran tangan. Kami ingin membantu mereka, baik melalui bantuan kasih maupun bantuan materi. Diharapkan kegiatan ini dapat mengemas misi pendidikan, sekaligus sebagai sarana alokasi bantuan bagi sesama yang membutuhkan. Hasil akhir dari kegiatan ini diharapkan dapat memperbaiki taraf hidup dan meningkatkan kesejahteraan bagi saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita semua. Peran aktif kami sebagai siswa tentunya tidak terlepas dari dukungan pihak sekolah sebagai tempat pencetak generasi penerus bangsa yang cerdas, memiliki keterampilan, dan selalu menjaga persatuan bangsa melalui rasa kepedulian terhadap sesama. Oleh karena itu, dukungan dari berbagai pihak akan bermanfaat bagi terselenggaranya kegiatan ini agar tujuan sosial kemanusiaan kemasyarakatan dapat terwujud.

II. DASAR KEGIATAN
Program Service Learning SMA 2018

II. MANFAAT DAN TUJUAN KEGIATAN
  1. Meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama umat manusia
  2. Mempererat tali persaudaraan antarsesama
  3. Mengajak anak-anak mengenal Tuhan lebih dekat
  4. Membantu meringankan beban anak-anak yang membutuhkan
  5. Memotivasi anak-anak untuk tetap semangat dalam menjalani hidup
IV. BENTUK KEGIATAN
Kegiatan yang akan dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Pembagian sembako dan konsumsi kepada anak-anak panti asuhan
  2. Menyanyikan lagu rohani bersama
  3. Bermain games
V. JADWAL KEGIATAN
Hari, Tanggal
Waktu
Acara
Tempat
Sabtu, 3 November 2018
12.00 - 12.20 WIB
·         Perkenalan
·         Mendengarkan kata sambutan dari Kepala Panti Asuhan Bukit Sion
·         Doa bersama
·         Mengenal lebih dekat beberapa anak di Panti Asuhan Bukit Sion
Panti Asuhan Bukit Sion Surabaya
12.20 - 13.00 WIB
·         Bermain “Simon says
·         Bermain “Finding Chair
·         Menggambar ekspresi kasih Tuhan
13.00 - 13.40 WIB
·         Menyanyikan lagu Yesus Pokok
·         Menyanyikan lagu Kalau Kau Suka Hati
·         Menyanyikan lagu Kasih
·         Pembagian konsumsi
13.40 - 14.00 WIB
·         Pembagian sumbangan untuk anak-anak Panti Asuhan Bukit Sion
·         Foto bersama
·         Penutup
·         Doa penutup

VI. ANGGARAN BIAYA
A.    Sumber Biaya
1.      Iuran kelompok
2.      Subsidi sekolah sebesar Rp. 200.000,00
B.     Rencana Pengeluaran
Keperluan
Keterangan
Biaya
Sumbangan
·         Pasta Gigi 10 buah
·         Sikat Gigi 10 buah
·         Sabun batang 10 buah
·         Shampoo 10 buah
·         Molto 1 kg
·         Beras 5 kg
·         Minyak Goreng 1 L
·         Biskuit secukupnya
Rp.100.000,00
Transportasi
Menggunakan taksi daring (pulang-pergi)
Rp.20.000,00
Hadiah
Buku gambar (2 buah) dan pensil batang (5 buah)
Rp.30.000,00
Konsumsi
Snack kecil (10 bungkus) dan minuman
Rp.40.000,00

VII. SUSUNAN KEPANITIAAN
Pelindung                : Kepala Sekolah
Pengarah                 : Wakasek Kesiswaan
Penanggung Jawab : Ketua kegiatan Service Learning

VIII. PENUTUP
    Demikian proposal kegiatan ini kami susun sebagai gambaran mengenai acara Service Learning yang akan kami laksanakan. Kami juga mengharapkan adanya dukungan dari semua pihak agar kegiatan yang akan kami lakukan dapat berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan ini dapat terselenggarakan dengan baik dan dapat bermanfaat bagi semua.

Surabaya, 23 Oktober 2018
Ketua Kegiatan Service Learning,                                                                            Ketua Panitia,


      (..................................)                                                                                (..................................)

Mengetahui
Kepala Sekolah,


 (..................................)

Share on Google Plus

About -

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment