MAKALAH PACUAN KUDA



BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
           Kuda merupakan salah satu ternak yang sudah lama dikenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Menurut Soehardjono, beberapa jenis kuda yang ada di Indonesia diataranya jenis kuda poni (tinggi pundak kurang dari 140 cm) yang dianggap sebagai keturunan kuda Mongol dan kuda Arab. Kuda tersebut pada umumnya diberi nama sesuai dengan daerah asalnya dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, diantaranya kuda Gayo, Batak, Jawa, Priangan, Sulawesi, Lombok, Bali, Sumbawa, Sandel, Timor, dan Flores. Sejak dahulu, kuda telah digunakan sebagai sarana transportasi untuk menuju daerah pedalaman yang terisolasi sehingga masyarakat daerah pedalaman dapat berkomunikasi dengan masyarakat luar. Seiring berkembangannya zaman, peranan kuda di Indonesia yang semula terbatas hanya sebagai sarana transportasi telah beralih fungsi sebagai sarana berolahraga yang disebut dengan kuda pacu.
           Pacuan kuda adalah olahraga berkuda yang telah ada sejak dahulu kala. Kuda dilatih untuk berpacu menuju garis akhir (finish) melawan peserta lainnya. Banyaknya peminat olahraga berkuda, khususnya di Indonesia, membuat banyak kalangan peternak mengawinkan kuda lokal dengan kuda pacu dari luar seperti kuda pacu Thoroughbred. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kuda pacu yang mampu beradaptasi dengan kondisi iklim dan lingkungan Indonesia.
        Kuda pacu di Indonesia memiliki salah satu ajang perlombaan terbesar untuk mempertontonkan kemampuannya, yaitu kejuaraan Derby Nasional. Kejuaraan Derby Nasional ini merupakan salah satu kejuaraan pacuan kuda yang sangat terkenal dan cukup bergengsi di Indonesia. Kuda pacu yang bertanding dalam kejuaraan tersebut ialah kuda yang benar-benar sudah disiapkan dan terlatih dengan baik, dan berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Selain kuda berasal dari persilangan yang baik dan pemberian makan yang tepat, pola latihan juga merupakan salah satu upaya dalam menghadapi kejuaraan Derby guna mendapatkan hasil yang maksimal atau sesuai harapan.

1.2. Rumusan Masalah
           Adapun beberapa permasalahan berdasarkan latar belakang di atas yang akan dibahas adalah sebagai berikut :
1.      Sejarah pacuan kuda
2.      Pengertian pacuan kuda
3.      Peraturan dalam permainan pacuan kuda
4.      Teknik-teknik dalam permainan pacuan kuda
5.      Media dalam permainan pacuan kuda
6.      Informasi lain seputar pacuan kuda

1.3. Tujuan
           Adapun beberapa tujuan berdasarkan rumusan masalah di atas yang hendak dicapai adalah sebagai berikut :
1.      Mengetahui sejarah pacuan kuda
2.      Mengetahui pengertian pacuan kuda
3.      Mengetahui peraturan dalam permainan pacuan kuda
4.      Mengetahui teknik-teknik yang digunakan dalam permainan pacuan kuda
5.      Mengetahui sarana dan prasarana yang digunakan dalam permainan pacuan kuda
6.      Mengetahui informasi lain seputar pacuan kuda


BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Sejarah Pacuan Kuda
           Menurut temuan ilmiah, kebersamaan antara manusia dengan kuda sudah dikenal sejak zaman purba pada kurun waktu 5.000 tahun yang lalu. Namun, pada kala itu daging kuda juga merupakan santapan para manusia purba. Tidak ada bukti yang menjelaskan siapakah orang yang pertama kali menjinakkan kuda sehingga mau ditunggangi oleh manusia. Penunggang-penunggang kuda hebat yang terkenal umumnya berasal dari suku Yunani (Xonophon) dan suku Romawi. Bagi kedua suku tersebut, menunggang kuda berfungsi sebagai alat pacuan dan olahraga. Dalam hal militer, tentara Yunani dan Romawi menggunakan kuda sebagai alat bantu transportasi dalam peperangan, bahkan pada tahun 400 SM, suku Yunani sudah mengeluarkan prinsip-prinsip dasar menunggang kuda yang sampai saat ini masih sering digunakan.
         Memasuki zaman Renaissance, banyak bangsawan yang mendalami olahraga menunggang kuda di sekolah-sekolah besar menunggang di Eropa. Italia adalah negara yang pertama kali mendirikan sekolah tunggang-menunggang kuda pada tahun 1532 yang didirikan oleh Fredrico Gisone. Pakar menunggang kuda, Pluvinel dan La Guérinière, adalah orang-orang yang sangat memberikan kontribusi besar untuk seni tunggang kuda di sekolah Kavaleri yang terletak di Saumur Prancis yang berdiri pada tahun 1768. Masyarakat lebih mengenal istilah menunggang kuda sebagai olahraga pada bagian kedua abad ke-19. Satu-satunya sekolah menunggang kuno yang masih bertahan sampai sekarang adalah Spanish Riding School yang berdiri di tahun 1572 di Wina, Austria.
           Di Indonesia, kuda digunakan oleh petani pada umumnya di beberapa daerah ketika zaman kerajaan. Kuda hidup cukup berdekatan dengan petani sehingga digunakan sebagai alat untuk menarik bajak sawah dan juga sebagai alat transportasi. Sejarah olahraga menunggang kuda di indonesia mencatat bahwa dahulu kuda juga digunakan sebagai alat untuk berburu di hutan-hutan oleh rakyat Nusa Tenggara Barat dan Timur. Pada abad ke-16 di Pulau Jawa, kuda menjadi simbol keagungan bagi kerajaan-kerajaan yang berperang.
           Masuknya olahraga pacuan kuda di Indonesia sebenarnya dibawa oleh bangsa Belanda, dimana pacuan kuda dilakukan saat hari-hari pasar dan ulang tahun ratu Belanda. Kemudian, banyak daerah-daerah di Indonesia yang juga ikut melakukan kegiatan pacuan kuda tersebut sehingga dibuatlah ternak-ternak tradisional yang diantaranya terletak di Sumatra Barat, Sumatra Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Selawesi Selatan, dan Nusa Tenggara. Kegiatan ternak tersebut melahirkan kuda-kuda pacu lokal yang diberi nama kuda Batak, Minahasa, Sumba, Priangan, Mangatas, dan kuda Sandel. Olahraga menunggang kuda mulai terkenal ketika prajurit-prajurit Belanda mulai rutin mengadakan lomba lompat rintangan dalam pacuan kuda yang pada kala itu digelar di kota Cimahi. Hingga saat ini, peningkatan kebutuhan kuda di Indonesia utamanya adalah untuk keperluan olahraga (menjadi tontonan olahraga).

2.2. Pengertian Pacuan Kuda
           Pacuan kuda adalah olahraga berkuda yang bertujuan untuk memacu kuda secepat mungkin menuju garis akhir (finish) melawan peserta lainnya. Pacuan kuda merupakan aktivitas hiburan bagi banyak orang dan biasa dilakukan di lapangan atau di arena pacuan kuda Olahraga pacuan kuda di Indonesia berada di bawah nauangan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) dan dapat dibagi menjadi 4 cabang, yakni sebagai berikut.
1.      Tunggang Serasi (Dressage)
Cabang dari olahraga berkuda ini menuntut keserasian baik penunggang maupun kudanya pada saat melakukan suatu gerakan, dimana keterampilan dan pengalaman penunggang sangat menentukan untuk menciptakan atau membentuk kelincahan dan keluwesan dari tiap gerakan yang dihasilkan sehingga terkesan kuda melangkah dan bergerak atas dasar keinginan sendiri tanpa adanya perintah dari penunggang.

2.      Lompat Rintangan
Tujuan utama dari lompat ringtangan adalah menyelesaikan course atau lintasan yang telah ditentukan tanpa menjatuhkan rintangan. Panjang lintasan minimal 150 m, maksimal 1200 m. Luas arena standar internasional adalah 90 x 45 m dengan alas pasir atau rumput. Jenis rintangan terdiri dari lompat tinggi (misalnya vertical, upright, dan wall, dengan tinggi maksimal 1,6 m), lompat jauh (lebar 2,5 m sampai 4,5 m) dan tinggi jauh (triple-bar dengan tinggi maksimal 1,6 m dan lebar maksimal 2,20 m). Rintangan-rintangan tersebut berjumlah 6-14 buah di satu lintasan dan dapat berdiri sendiri atau digabungkan dalam kombinasi yang terdiri dari dua sampai tiga rintangan dengan jarak antara dua rintangan minimal 6,5 m dan maksimal 12 meter. Batang kayu (poles) dengan panjang 3,5 m atau 4 m dan berdiameter ± 10 cm diletakkan pada cups yang dipasang di sayap rintangan dan dapat jatuh apabila tersentuh kaki kuda.

3.      Trilomba
Trilomba (eventing) adalah pertandingan kombinasi yang mengandalkan pengalaman penunggang dalam semua nomor berkuda, yakni memiliki kecekatan dan serba bisa. Pesertanya mengikuti pertandingan kombinasi yang terdiri dari tiga tes. Perhitungan trilomba dilakukan dalam sistem poin penalt. Artinya, para peserta berusaha mendapatkan angka penalti sesedikit mungkin untuk mengungguli pertandingan yang umumnya berlangsung selama satu hingga tiga hari.

4.      Endurance
Endurance merupakan kompetisi melawan waktu untuk menguji kecepatan dan kemampuan ketahanan kuda. Satu kompetisi terdiri dari berberapa tahap yang dapat berlangsung hingga dua hari atau lebih. Rata-rata jarak minimum untuk pertandingan internasional biasa adalah 80 km dan dalam pertandingan resmi 100 km. Untuk kejuaraan satu hari, jaraknya biasanya 160 km dengan waktu tempuh sekitar 10 hingga 12 jam. Yang terpenting dari endurance adalah menjaga kondisi kuda agar detak jantung kuda tidak melampaui 64 detak per menit, tidak boleh pincang, dehidrasi, anemia, kulit lecet, dan kram. Peserta yang menyelesaikan pacuan dalam waktu tersingkat dan dengan kuda berkondisi baik hingga 2 jam setelah pacuan berhenti dinyatakan menang. Endurance dinilai sangat cocok untuk masyarakat berkuda Indonesia karena beberapa faktor, antara lain biaya yang relatif rendah, membutuhkan fasilitas minim, kuda apa saja dapat mengikutinya asal sehat, kuda Indonesia (terutama dari Padang) sangat cocok karena menuntut ketahanan dan stamina kuda yang baik, tidak memerlukan kuda bersilsilah, peralatan canggih atau mahal.

2.3. Peraturan Pacuan Kuda
           Peraturan utama pacuan kuda adalah apabila seorang pemain melakukan kesalahan, seperti menjatuhkan sebuah rintangan dan menolak atau melebihi waktu yang diperbolehkan, ia akan dikenakan faults atau angka kesalahan. Untuk setiap rintangan yang jatuh, dikenakan empat faults dan hanya diperbolehkan menolak satu kali. Pada penolakan kedua, judge bunyikan lonceng yang menandakan bahwa peserta tereliminasi atau tersisihkan dari putaran yang sedang dijalankan. Eliminasi juga terjadi apabila penunggang melompati rintangan sebelum lonceng menandakan start, apabila kuda enggan melewati garis start atau finish, dan apabila melompati rintangan yang salah atau dari arah yang salah. Jatuh dari kuda dan jatuh bersama kuda juga dapat menyebabkan tereliminasi. Untuk melebihi waktu yang diperbolehkan, faults diberikan per satuan detik, tergantung dari tipe kompetisi. Waktu yang diperbolehkan didapat dari perhitungan panjang lintasan dengan kecepatan yang bervariasi antara 300 m hingga 400 m per menit. Batas waktu adalah dua kalinya waktu yang diperbolehkan dan apabila melewatinya dapat menyebabkan eliminasi juga. Pemenang kompetisi ialah pemain yang memiliki angka kesalahan paling kecil dan dapat meyelesaikan lintasannya dalam waktu tercepat atau mengumpulkan poin tertinggi.

2.4. Teknik Pacuan Kuda
           Sebelum menunggang, sebaiknya pemain melakukan senam pemanasan agar otot badan lentur dan kuat, dan terhindar dari kram betis, kram pangkal paha, sakit di perut dan pinggang. Sesudah senam, pemain melakukan langkah persiapan dan menyesuaikan diri dengan kuda. Lalu, pemain melakukan persiapan menunggang dengan memegang tali kekang dari arah kiri atau kanan dan mengajak kuda berkeliling jalan kaki sejenak sambil memperhatikan kesehatan kuda. Setelah itu, pemain mengikat pelana dan stel pijakan kaki hingga cocok dan kuda siap ditunggangi.
           Kemudian, pemain naik ke atas kuda dari sisi kiri kuda sehingga hentakan kuat karena jika hentakan dan pegangan tangan kuat, maka sekali pemain loncat langsung berada pada posisi duduk. Jika terlalu kuat, maka pemain bisa lewat dan merosot pindah ke sebelah kanan kuda. Lalu, pemain duduk di atas pelana dengan posisi siap bergerak dan melakukan satu diantara ketiga hal di bawah ini. Apabila pemain selesai menunggang, maka ia dapat segera melakukan senam pelemasan agar otot regang kembali dan pemulihan berjalan dengan cepat.
1.   Jalan biasa, dengan sedikit menghentak kedua kaki ke perut kuda dan kuda akan bergerak maju. Pemain duduk di pelana sambil menjaga keseimbangan tubuh dengan mengatur pinggang agar nyaman dan pijakan kaki juga ringan untuk keseimbangan dan bantuan kendali kuda.
2.   Lari biasa, dengan merapatkan kedua kaki ke tubuh kuda dan kuda akan berlari dengan kecepatan normal. Pemain memegang tali kendali dengan agak pendek diikuti tangan yang mengikuti irama kepala kuda dan sering terjadi posisi pantat mencong kanan atau kiri yang menjadi penyebab utama tibulnya kram kaki pada pemain.
3.   Lari cepat, dengan kedua kaki dan paha rapat ketat ke tubuh kuda sehingga pantat pemain terangkat melayang selama kuda lari cepat. Suara kaki kuda hanya 2 ketukan panjang dan pemain memegang tali kendali secara ketat diikuti kedua tangan menyesuaikan dengan irama kepala kuda maju dan mundur. Pemain harus lebih berhati-hati karena apabila mencapai 30 km/jam ke atas, pemain bisa terpisah dengan loncat atau jatuh ke depan dan kuda berbelok sendiri tanpa joki.

2.5. Sarana dan Prasarana Pacuan Kuda
           Ada beberapa peralatan dasar yang wajib dikenakan demi keselamatan, baik oleh pemain (penunggang) maupun kuda yang akan ditunggangi. Peralatan bagi penunggang terdiri atas peralatan keamanan dan pelindung diri, antara lain helm, sepatu tunggang (boot), pelindung dada dan kacamata (bila perlu), dan pecut. Sedangkan peralatan bagi kuda terdiri dari peralatan punggung dan peralatan kepala. Peralatan punggung terdiri atas pelana atau saddle, alas saddle, sanggurdi, tali sanggurdi, dan tali perut, sedangkan peralatan kepala terdiri atas sarungan kepala (headstall) dengan berbagai variasi misalnya noseband, kendali besi (bit), tali kekang (reins), martingal untuk membantu menggendalikan kuda, dan tali tuntunan.

2.6. Informasi Lain tentang Pacuan Kuda
2.6.1 Istilah-Istilah dalam Pacuan Kuda
          Dalam dunia permainan pacuan kuda, digunakan beberapa istilah tertentu sebagai penyebutan suatu benda, tindakan, atau situasi. Beberapa istilah yang sering digunakan dalam permainan pacuan kuda antara lain sebagai berikut.
1.  Drawing adalah sebuah rapat penentuan race untuk suatu perlombaan pacuan. Diadakan dua atau tiga hari menjelang pacuan hari pertama dan bertujuan untuk menentukan kelas dan race masing-masing kuda. Sebelum acara drawing, masing-masing kuda akan diukur ketinggiannya oleh dewan juri pacuan sesuai aturan PORDASI.
2.   Race adalah istilah untuk menyebut pertandingan pacuan kuda. Dalam satu hari pacuan biasanya terdapat 10 hingga 13 race. Masing-masing kuda hanya boleh lari pada 1 race sesuai dengan kelas yang dipilih.
3.   Scratch adalah istilah yang dipakai bila kuda tidak jadi ikut lomba, baik dengan sukarela ataupun terpaksa, karena tidak bisa masuk start gate dalam batas waktu yang sudah ditentukan.
4.    Start gate adalah peralatan untuk melakukan start dalam suatu lomba pacuan kuda. Bentuknya adalah rangkaian besi untuk memasukkan kuda dan pemain sebelum aba-aba start dilakukan. Start gate berbentuk sebuah rangkaian beberapa kotak yang longgar sehingga kuda bisa berhenti dan menunggu untuk dilepas melesat ke depan. Pintu start gate tertutup rapat dan akan terbuka secara bersamaan setelah bendera start dan tuas start ditekan oleh seorang start master. Start gate dapat dipindahkan sesuai garis start yang ditentukan dengan bantuan kendaraan penarik.
5.    Start master adalah petugas dalam lomba pacuan yang bertugas sebagai pelepas kuda.
6.   Gate Master adalah petugas yang bekerja di lingkungan start gate,yakni memasukkan kuda-kuda ke dalam kotak-kotak start gate, menutup pintu start gate, memindahkan start gate, dsb.
7.    Dewan Stewards (dewan juri) adalah dewan yang bertanggung jawab atas jalannya lomba pacuan, yakni menentukan apakah pacuan bisa diteruskan atau diberhentikan, menentukan apakah kuda boleh diikutkan atau tidak, menentukan siapakah pemenang suatu lomba, menentukan pelanggaran, dan memberikan peringatan.
8.   Photo Finish adalah Suatu peralatan fotografi yang dipasang di garis finish untuk merekam kuda-kuda yang masuk garis finish untuk menentukan pemenang lomba pacuan kuda (yang pertama kali masuk garis finish).
9.   Band adalah garis pembatas track pacu terbuat dari kayu, fiber, beton, besi, atau bahkan tali yang terangkai mengelilingi track pacu. Band dalam dibuat setinggi 40-60 cm, sedangkan band luar setinggi 80-100 cm.
10.  Track adalah jalur melingkar berbentuk oval lebarnya antara 10 hingga 15 m sebagai jalur pacu kuda. Landasan bervariasi, seperti tanah hitam, rumput, atau pasir. Sesuai aturan PORDASI, kuda berlari mengelilingi track dengan arah searah jarum jam (kanan) dan tidak boleh keluar dari track pacu selama perlombaan berlangsung.
11. Stall Paddock adalah suatu area di lapangan pacuan kuda dimana kuda-kuda menunggu pacuan dimulai. Kuda-kuda akan berjalan beriringan sesuai dengan nomor punggung masing-masing.
12. Control Tower adalah sebuah menara untuk Dewan Stewards sebagai tempat melakukan kontrol memonitor jalannya lomba pacuan kuda.

2.6.2 Jenis-Jenis Kuda di Indonesia
          Penyebaran kuda di Indonesia sudah berlangsung sejak waktu yang lama. Belum ada bukti yang menjelaskan penyebaran kuda-kuda tersebut. Jenis-jenis kuda di Indonesia diantaranya sebagai berikut.
1.  Kuda Sandel, berasal dari Pulau Sumba, merupakan salah satu kuda terbaik di Indonesia. Ciri-ciri kuda Sandel yaitu bentuk tubuh serasi dan cenderung kecil, ukuran kepala kecil, rambut tubuh lembut dan mengilap, semangat dan agresif, bagian tubuh depan lebih besar dari bagian belakang, ekor tampak tinggi, memiliki beberapa warna, dan kuku pada keempat kaki kuat dan keras. Tinggi kuda Sandel mencapai 1,3 m dan kecepatan larinya tinggi.
2.    Kuda Sumbawa, tersebar di Pulau Sumbawa dan NTB, merupakan jenis kuda yang terbagi menjadi dua ras, yaitu kuda Sumbawa dan kuda Bima, dimana postur tubuh kuda Bima lebih pendek dari kuda Sumbawa. Tinggi kuda Sumbawa berkisar antara 1 hingga 1,25 m. Sifat khas kuda Sumbawa adalah sabar dan termasuk dalam tipe kuda beban atau tipe kerja.
3.    Kuda Sawu, terdapat di Pulau Sawu, termasuk kuda yang dimanfaatkan tenaganya untuk menarik beban.
4.    Kuda Timor, terdapat di Pulau Timor, memiliki ciri-ciri antara lain tubuh berbentuk lurus, punggung nampak lurus, ukuran leher pendek, dan ekor agak tinggi. Warna rambut pada tubuh kuda Timor bervariasi. Tinggi kuda Timor sekitar 1,3 m dan sering digunakan sebagai kuda tarik.
5.    Kuda Flores, terdapat di Pulau Flores, merupakan jenis kuda yang terbagi menjadi dua berdasarkan daerah sebaran, yaitu Kuda Manggarai dan Kuda Ngada. Ciri umum kuda Flores yaitu warna kulit coklat kemerahan. Kuda Flores sering dimanfaatkan sebagai kuda tarik. 
6.     Kuda Sulawesi merupakan jenis kuda yang dibagi menjadi dua, yaitu kuda Bone dan kuda Mahar. Ciri kuda Sulawesi antara lain ketahanan tubuh tinggi, keempat kaki kokoh dan kuat, dan tempramennya stabil.
7.     Kuda Jawa merupakan jenis kuda yang terdapat di daerah Pulau Jawa. Ciri-ciri kuda Jawa antara lain tahan terhadap panas, jinak, kaki dan sendi-sendi tidak berkembang optimal, postur tubuh senderung kecil, dan kekuatan tubuh baik. Kuda Jawa sering dimanfaatkan sebagai kuda penarik beban.
8.     Kuda Aceh, berada di sekitar Danau Toba, memiliki ciri tinggi sekitar 1,32 m, rambut pada ekor dan tengkuk nampak bagus, posisi ekor tinggi, kaki belakang agak ramping, ukuran punggung panjang dan sempit, kepala serasi, bentuk muka lurus, dan leher kelihatan lemah dan pendek.
9.   Kuda Arab, berasal dari Arab Saudi, memiliki ciri ukuran tubuh relatif pendek sekitar 1,6 m, bobot tubuh sekitar 500 kg, dan memiliki kemampuan berlari yang cepat. 
10.  Kuda Thoroughbred merupakan kuda keturunan dari kuda Arab yang memiliki ciri warna rambut dan kulit bervariasi, aktif dan bersemangat, serta kaki dan muka berwarna putih. Tinggi kuda ini bisa mencapai 1,7 m dan bobot tubuh sekitar 500 kg.

BAB III
PENUTUP
            3.1. Kesimpulan
              Dari uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pacuan kuda merupakan olahraga menunggang atau memacu kuda secepat-cepatnya menuju ke garis akhir (finish). Permainan pacuan kuda membutuhkan tempat yang luas untuk memainkannya dan dapat dilakukan oleh pria maupun wanita. Dalam permainan pacuan kuda, diperlukan penguasaan teknik dasar berkuda guna mencapai hasil yang diinginkan. Selain itu, juga terdapat beberapa ketentuan yang harus dipatuhi dan hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak terdiskualifikasi atau kalah.

            3.2. Saran
         Olahraga pacuan kuda sebaiknya mulai diperkenalkan pada anak didik untuk menghasilkan bibit atlet yang berpotensi, khususnya di kota Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang pesat. Surabaya juga dapat berkontribusi dalam memajukan olahraga pacuan kuda dengan memunculkan bibit-bibit atlet pacuan kuda. Namun, sarana dan fasilitas olahraga pacuan kuda di Surabaya masih minim karena membutuhkan tempat yang luas, sedangkan jumlah tanah di Surabaya kian hari kian menipis. Oleh karena itu, Surabaya perlu memiliki suatu tempat olahraga pacuan kuda dengan fasilitas yang layak untuk upaya peningkatan prestasi dengan berbagai macam kegiatan yang mendukung, misalnya pelatihan dan pertandingan berkuda yang dapat dilakukan dalam satu tempat sekaligus guna menghasilkan bibit atlet yang berpotensi yang dapat menorehkan hasil bagus dalam dunia olahraga pacuan kuda. Diharapkan akan muncul kader-kader baru yang mampu mengembangkan olahraga pacuan kuda dan mencetak prestasi.


                                                                                                                    
DAFTAR PUSTAKA
Anonim (2014). BAB I Pendahuluan. Dari     http://etd.repository.ugm.ac.id
     /index.php?mod=download&sub=DownloadFile&act=view&typ=html&id=72112&
     ftyp=potongan&potongan=diploma-2014-320982-chapter1.pdf, 5 Agustus 2017
Anonim (2011). Olahraga Pacuan Kuda. Dari https://elvanenda.wordpress.com/category/olahraga- 
     pacuan-kuda/, 5 Agustus 2017
Anonim (2010). Sejarah Olahraga Menunggang kuda/Pacuan Kuda
     Dari http://berawaldarikacangan.blogspot.co.id/2010/02/sejarah-olahraga-menunggang- 
     kudapacuan.html, 5 Agustus 2017
Ardilla (2013). Teknik Menunggang Kuda, Dari https://gamisar.wordpress.com/2013/05/17/tehnik- 
     menunggang-kuda/, 5 Agustus 2017
Cancer, Against (2008). Olahraga Berkuda. Dari http://duniakuda.blogspot.co.id/2008/04/olag-raga- 
     berkuda.html, 5 Agustus 2017
Rumah Ternak (2016). Jenis-Jenis Kuda di Indonesia. Dari   https://rumahternak21.blogspot.co.id
     /2016/08/jenis-jenis-kuda-di-indonesia.html, 5 Agustus 2017

 
Share on Google Plus

About -

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

3 komentar:

  1. ditambah warna kuda om,,untuk yang blum tau kuda

    ReplyDelete
  2. agen sabung ayam online dari filipina live streaming terbaik

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7834285-fungsi-tersembunyi-amoxicilin-untuk-ayam-bangkok-aduan

    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  3. POKERBET88 merupakan salah satu situs permainan kartu dan slot Online terbaik, terlengkap, aman dan terpercaya dengan persentase kemenangan yang tinggi saat ini di Indonesia. Situs ini juga menyediakan berbagai macam permainan SLOT Online yang populer dengan sistem dan server stabil yang mudah di akses kapanpun dan dimanapun.

    ReplyDelete